Darapin Tati (jilbab hitam), janda yang mengidap kanker payudara ketika bersiap untuk berobat ke RSUPN Dr Cipto Mangunkusumo di Jakarta pusat di Bandara Fatmawati, Selasa (14/8/2018).

PedomanBengkulu.com, Bengkulu – Informasi tentang adanya janda yang mengidap kanker payudara di Pedoman Bengkulu, Minggu (12/8/2018), menggerakkan hati Wakil Ketua II DPRD Kota Bengkulu Teuku Zulkarnain untuk memberikan uluran tangan.

Saat ditemui di Bandara Fatmawati Bengkulu, Teuku Zulkarnain ditemani Kepala Puskesmas Basuki Rahmat Purwanti mengantarkan Darapin Tati, janda yang mengidap kanker payudara tersebut untuk berobat ke RSUPN Dr Cipto Mangunkusumo di Jakarta pusat.

Teuku Zulkarnain menyampaikan bahwa jika ada orang sakit yang dengan kondisi keuangannya tidak mampu untuk melakukan pengobat, jangan hanya diam saja, atau tidak peduli.

“Kita harus membantu sesama masyarakat. Dalam hal apapun itu, baik materi maupun bantuan sosial lainnya,” kata politisi PAN ini kepada Pedoman Bengkulu.

“Solidaritas ini yang harus di tumbuhkan di dalam kehidupan bermasyarakat,” ujar Teuku menekankan.

Teuku juga menyampaikan terimakasihnya kepada Purwanti selaku Kepala Puskesmas Basuki Rahmat yang telah berperan aktif dan melaporkan kepada Pemerintah Daerah bahwa ada warga yang membutuhkan bantuan.

“Kepala Puskesmas ini energik dan bersemangat sekali. Ada saja laporan dari beliau tentang warga di wilayah puskesmasnya yang sakit, yang membutuhkan bantuan. Ini harus di apresiasi karena memiliki kepedulian dan bersemangat. Sama seperti semangatnya pak walikota kita pak Helmi dalam programnya JSPS (Jemput Sakit Pulang Sehat). Alhamdulillah program ini masih tetap berlanjut,” ucap Teuku.

Program JSPS merupakan program swadaya tanpa menggunakan dana APBD dan fasilitas negara. Hasil dari swadaya masyarakat tersebut dan dari donatur digunakan untuk orang sakit yang membutuhkan pengobatan namun terkendala biaya. JSPS adalah gotong royong warga Kota Bengkulu di lapangan kesehatan.

“Kami telah mangupayakan penanganan yang baik dan sudah dicek kondisi fisik oleh dokter Meri memang benar ibu Darpin Tati mengidap kanker payudara yang mesti ditangani lebih serius,” ujar Purwanti.

Dilain sisi, pihak keluarga Darpin Tati mengucapkan terimakasih kepada para dermawan yang telah turun tangan membantu pengobatan keluarganya. [Yoma Zulkarnain]