PedomanBengkulu.com, Seluma – Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah berkesempatan meresmikan masjid Jami’ Baitul Ikhwan di Desa Tangga Batu Kecamatan Seluma Selatan, sekira pukul 90.30 WIB, Senin (20/08/2018).

Dalam sambutannya, Rohidin Mersyah menyampaikan apresiasi atas didirikannya Masjid Jami’ baitul ikhwan atas biaya pendirian dari gabungan masyarakat.

“Saya ingin mengatakan, bahwa peran kontribusi masyarakat sangat penting dan besar dalam rangka pembangunan daerah. Terbukti, masjid ini berdiri dengan megah. Saya berharap ini nanti difungsikan dengan maksimal,” kata Rohidin.

Dia memerintahkan Dinas Sosial agar berkoordinasi dengan masyarakat dan Bulog untuk melaksanakan kegiatan sosial ke masyarakat seperti Bazar beras murah dan bentuk kegiatan lainnya.

“Perlahan, peran pemerintah akan kita fungsikan disini, agar masjid ini terus difungsikan dalam hal kegiatan positif,” sambungnya.

Sementara itu, Penanggungjawab pembangunan masjid Baitul Ikhwan Irjen Pol Purnawirawan Sudirman Ail menyampaikan bahwa, pembangunan masjid Baitul Ikhwan merupakan inisiasi keluarga besar di Desa Tangga Batu dan keluarga Kabupaten Seluma di perantuan. Sehingga masjid Baitul Ikhwan dapat dibangun diatas sebidang tanah milik Ibnu Saud Alhamarhum yang telah dihibahkan. Masjid tersebut, secera resmi telah difungsikan.

“Pembangunan masjid ini semata-mata untuk umat. Bukan hanya untuk masyarakat Desa Tangga Batu, tapi se Kabupaten Seluma. Jadikanlah masjid ini sebagai siar islam,” harapnya.

Dia mengapresiasi dukungan pemerintah Provinsi Bengkulu dalam hal inj dari Bulog yang membawa satu ekor sapi untuk kurban. Bulog juga berencana menjalankan program pengembangan swasembada beras di Kecamatan Seluma Selatan karena merupakan lumbung padi Kabupaten Seluma.

“Masyarakat berharap pemerintah hadir ditengah-tengah mereka. Hari ini pemerintah Provinsi hadir di Seluma, muda-mudahan kedepannya terus berkoordinasi,” kata dia.

Terpisah, Kepala Desa Tangga Batu Kecamatan Seluma Selatan, Burnian Hadi mengatakan, pihaknya akan segera menggelar rapat untuk pembentukan panitia pengurus Masjid Baitul Ikhwan, kemudian membentuk panitia amilin, dalam rangka pemeliharaan Masjid.

“Kami akan rapat untuk membentuk panitia pengurus masjid baru Baitul Ikhwan, terutama imam khotib bilal dan qorim. Juga Kami akan membentuk panitia amilin. Ketua Risma beserta anggota untuk pemeliharaan Masjid,” kata Burnian.

Kepada masyarakat tambah Burnian, dipersilahkan untuk menjalankan ibadah di masjid tersebut. Tidak hanya untuk masyarakat Desa Tangga Batu saja, namun juga masyarakat umum terutama yang beragama Islam.

“Lebaran haji ini akan bersatu disini akan memotong korban. Masjid kita memang ada dua. Namun Masjid lama tetap difungsikan,” tutup Burnian.

Dalam kesempatan ini, Plt Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah memberikan bantuan berupa uang sebesar Rp25 juta ke pengurus Masjid dan memberikan buku kutbah ke kepala Desa. [Sepriandi]