Budiman Ismaun

PedomanBengkulu.com, Bengkulu – Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) atau Special Economic Zone (SEZ) yaitu sebuah kawasan ekonomi yang terintegrasi dengan pusat industri dan aktifitas perdagangan berskala internasional. Kawasan ekonomi khusus ini nanti akan dibangun rencananya di wilayah Pulau Baai Kota Bengkulu.

Saat ditemui di ruangannya, Budiman Ismaun selaku PJS Walikota Bengkulu memberikan pernyataan bahwa penandatangan berkas KEK sudah disampaikan oleh provinsi.

“Terakhir KEK ini ada perseteruan dengan DPR dan pemerintah kota, kemaren sudah disepakati dan saya selaku pejabat walikota sudah mendatangani itu serta ketua DPR kota sudah menandatanganinya dengan wakil ketua, dan saya sudah sampaikan ke provinsi tinggal nunggu proses berikutnya,” kata Budiman Ismaun, Kamis (30/8/2018).

Proses pendataan lokasi baru sedikit, namun data yang diukur oleh Badan Pertanahan Nasional (BPN) masih ada sedikit perbedaan dari PT Pelindo namun tidak di permasalahkan.
Pelindo menyerahkan waktu itu 11.8 dan BPN lebih dari 11.8, namun kemudian Luasnya bertambah sekitar satu atau dua hektare tidak jadi masalah sebenarnya.

“Jika kita bicara walikota definitif terkait ini, ya kita kan masih nunggu pelantikan walikota terpilih. Tapi, Pemerintah sebenarnya tidak boleh vakum atau kekosongan kekuasaan pemerintahan dalam jadi kami berkeyakinan pejabat sementara bisa mengambil keputusan/menandatangani itu. Disitu nanti juga regulasinya masih akan diatur lagi dan disempurnakan lagi agar menjadi KEK.” tambah Budi Ismaun. [Yoma Zulkarnain]