Pelaku saat diamankan Polres Rejang Lebong, Selasa (28/8)

PedomanBengkulu.com, Rejang Lebong – Setelah sempat kabur, AS (20), Warga Jalan Merdeka Kelurahan Pasar Baru Kecamatan Curup akhirnya berhasil di ringkus unit Buru Sergap (Buser) Sat reskrim Polres Rejang Lebong, Senin (27/8).

AS merupakan pelaku perampasan paksa motor jenis Yamaha GT BD 6587 EV milik Akbar Dio (18) Warga gang mawar nomor 05 Kelurahan Sukaraja Kecamatan Curup Timur pada Jumat (24/8) pukul 22.00 WIB lalu.

“Tidak hanya pelaku curasnya, Kita juga berhasil mengamankan CA (30) yang merupakan penadah motor hasil rampasan AS. CA diamankan dihari yang sama setelah mengamankan AS,” ujar Kapolres Rejang Lebong, AKBP, Ordiva, SIK melalui Kasat Reskrim, AKP. Jery Antonius Nainggolan, SIK, Selasa (28/8).

Dijelaskan Kasat, kronologis peristiwa bermula pada Jumat (24/8) pukul 22.00 WIB saat korban sedang bermain Bilyard di Kelurahan Banyumas yang mana saat itu pelaku juga berada dilokasi sama. Selang beberapa menit, pelaku mengajak korban mengantarkannya pulang kerumah untuk mengambil jaket dan kembali lagi ke tempat bilyard. Tidak berselang lama, pelaku kembali meminta korban untuk mengantarnya kembali ke lokasi Pecel lele dekat SD 03 curup untuk meminta setoran keamanan.

“Disana, korban memang melihat jika pelaku diberi sejumlah uang oleh penjual pecel lele lalu pelaku kembali meminta antar ke Kelurahan Banyumas,” ujar Kasat.

Naas, sambung Kasat, di tengah perjalanan menuju kelurahan banyumas, tepatnya di lampu merah Jalan Merdeka Kelurahan Pasar Tengah Kecamatan Curup Kabupaten Rejang Lebong, pelaku secara tiba-tiba langsung menyikut korban hingga korban terjatuh dari sepeda motor dan mengalami luka pada bagian kaki sebelah kanan. Melihat korban terjatuh, pelaku langsung langsung melarikan sepeda motor milik korban dan meninggalkan korban.

“Terhadap AS, Kita sangkakan Pasal 365 KUHPidana. Sementara, CA kita jerat dengan pasal 480 KUHPidana,” tegas Kasat. [Ifan Salianto]