Syaiful Anwar, Kabid Perikanan Tangkap Dinas Perikanan Kabupaten Bengkulu Selatan

Pedomanbengkulu.com, Bengkulu Selatan – 71 unit rumah khusus nelayan di Desa Tanggo Raso Kecamatan Pino Raya akan segera diserahkan kepada nelayan. Belum lagi ditempati, calon penghuni rumah khusus nelayan menuai protes dari kalangan nelayan. Pasalnya terindikasi ada nama-nama yang bukan berstatus nelayan malah masuk daftar calon penerima.

“Ada indikasi beberapa nama yang masuk daftar calon penerima rumah khusus nelayan di Tanggo Raso, tapi bukan nelayan. Kalau saya amati dari daftar nama calon penerima, tapi mereka itu bukan nelayan. Terkesan karena mereka ada kedekatan dengan dinas terkait dan ada titipan. Ada yang pedagang, ada supir, dan lain-lain. Kami selaku nelayan tidak terima,” jelas Salah satu Ketua Kelompok Nelayan yang enggan disebutkan namanya kepada Pedoman Bengkulu, Sabtu malam (18/8/2018).

Terpisah Kabid Perikanan Tangkap Dinas Perikanan Kabupaten Bengkulu Selatan, Syaiful Anwar tidak membantah hal tersebut.

“Calon penerima Rumah Nelayan memang ada yang bukan nelayan. Tapi mereka itu punya kartu nelayan. Tapi saat itu saya belum menjabat di sini,” jelas Syaiful Anwar, Senin (20/8/2018).

Versi Syaiful, ada sekitar enam orang yang terindikasi bukan nelayan.

“Kalau ada yang bukan nelayan, berarti ada kebijakan khusus. Contohnya ada beberapa nama yang zaman Pak Dirwan ada kesepakatan dengan pemilik lahan agar memasukkan beberapa nama,” jelasnya.

Dari 71 unit perumahan nelayan di Tanggo Raso tersebut, sebanyak 50 unit diperuntukkan bagi Nelayan Pasar Bawah dan 21 unit untuk nelayan di Pino Raya.

Sementara itu Kabid Perumahan Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kabupaten Bengkulu Selatan, Teddy Setiawan menargetkan perumahan nelayan akan dibagikan pada September mendatang.

“Kalau verifikasi sudah dilakukan oleh tim. SK penerima masih diproses. Dalam waktu dekat akan dinaikkan ke Pak Plt Bupati. Kalau kami di Perkim hanya menyerahkan fasilitas, kalau masalah nelayan atau bukan itu ada pada tim verifikasi,” beber Teddy. [Apdian Utama]