PedomanBengkulu.com, Jakarta – Timnas Indonesia U-16 berhasil merengkuh gelar juara Piala AFF U-16. Kepastian ini didapatkan setelah mereka mengalahkan Thailand U-16 pada laga final lewat adu tendangan penalti dengan skor 5-4 di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Sabtu (11/8/2018) malam WIB.

Pertandingan waktu normal harus berakhir dengan kedudukan 1-1 dan harus dilanjutkan dengan adu penalti.

Empat penendang penalti Indonesia, Sutan Zico, Amiruddin Bagus, Rendy Juliansyah, dan David Maulana berhasil menyarangkan bola ke gawang lawan. Sementara Thailand hanya mampu menyarangkan tiga bola, dua lainnya dapat ditepis oleh kiper Indonesia, Ernando Ari Sutaryadi.

Dilansir dari laman resmi PSSI, pelatih timnas Indonesia U-16 Fakhri Husaini mengungkapkan rasa syukurnya.

“Syukur Alhamdulillah, kemenangan ini atas izin Allah. Saya bangga kepada semua pemain. Bukan hanya penendang penalti atau kiper saja. Semua ikut andil dalam kemenangan ini. Ini karena persiapan latihan kami yang berlatih tendangan penalti. Sehingga itu menjadi salah satu bekal menang kami malam ini,” tuturnya.

Timnas Indonesia U-16 sebelumnya memang sudah bersiap menghadapi adu penalti pada laga final Piala AFF U-16 2018 dengan melakukan latihan adu jitu tendangan 12 pas pada saat latihan.

Tim nasional Indonesia U-16 sudah menyiapkan kondisi fisik 23 pemainnya pada latihan sore di Stadion Jenggolo, Jumat (10/8) guna menghadapi Thailand di pertandingan puncak babak final Piala AFF U-16.

Mereka berlatih pemulihan kondisi fisik para pemainnya usai menjalani laga semifinal melawan Malaysia. Latihan mereka berjalan dengan lancar dan pemain terlihat serius. Berbagai menu latihan dilahap oleh mereka. Termasuk juga latihan tendangan dari titik putih dekat gawang lawan.

Penjaga gawang Indonesia Ernando Ari Sutaryadi juga mengungkapkan rasa syukurnya sekaligus menegaskan bahwa kemenangan yang mereka peroleh adalah hasil kerja keras dari semua pihak yang terlibat.

“Dua tendangan penalti yang saya tepis itu murni karena insting saya. Saya mempelajarinya semua ini dalam latihan kami sebelum bertanding,” ucapnya mengenai keberhasilan yang menjadi penentu kemenangan Indonesia.

Dengan pencapaian hasil ini, timnas U-16 berhak atas predikat penguasa di kawasan Asia Tenggara. Selanjutnya, mereka akan menghadapi turnamen lain, Piala AFC U-16 pada bulan September di Malaysia.

– Susunan pemain

Indonesia U-16: Ernando Ari Sutaryadi, Amiruddin Bagas Kaffa, Komang Teguh Trisnanda, Fadillah Nur Rahman, Mochamad Yudha Febrian, David Maulana, Brylian Aldama, Andre Oktaviansyah, Muhammad Supriadi, Amiruddin Bagus Kahfi, Amanar Abdillah.

Thailand U-16: Anuchid Taweesri, Arthit Bua Ngam, Chatmongkol Rueangthanarot, Jakkrapong Sanmahung, Pongsakorn Innet, Thanarin Thumsen, Sarawut Soawaros, Thanakrit Laorkai, Sattawas Leela; Sitthinan Rungrueang, Thodsawat Aunkongrat. [Ivana]