Ustaz Abdul Somad sedang memberikan tausiah pada acara tabligh akbar di pelataran Masjid stiqamah Komplek Perta Arun Gas (PAG) Lhokseumawe, Senin (12/3/2018). [Foto Pelita8/Rahmat Mirza]
PedomanBengkulu.com, Jakarta – Memasuki pilpres 2019 mendatang, publik mulai mendapat sajian berupa berita-berita hangat terkait capres-cawapres.

Beberapa hari terakhir Prabowo Subianto yang dicanangkan sebagai capres cukup menyita perhatian publik berkenaan pemilihan cawapres. Tak tanggung-tanggung, Ustaz Abdul Somad atau yang akrab disapa UAS pun direkomendasikan jadi cawapres Prabowo.

Mantan Ketua MPR RI, Amien Rais, terang-terangan mendukung capres Prabowo dan cawapres UAS. Sebagaimana dilansir dari Detik.com, Amien Rais mengungkapkan alasannya.

“Karena, dalam survei-survei kita itu lebih menendang ini Pak Somad, mewakili generasi muda,” ujar Amien yang merupakan Ketua Dewan Kehormatan PAN itu di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (30/7/2018).

Sementara UAS sendiri menjelaskan bahwa ia menghormati hasil Ijtimak Ulama yang merekomendasikan dirinya menjadi cawapres dari Prabowo Subianto.

“Para ulama ijtimak, santri-santri, memberikan rekomendasi, kita hormati, kita muliakan, kita doakan,” ujar Ustaz Abdul Somad.

Dalam ceramahnya di Auditorium Unissula Semarang beberapa hari lalu UAS mengungkapkan bahwa ia ingin jamaah mendoakannya sebagai Ustaz hingga akhir hayat.

“Doakan Ustaz Somad istiqomah jadi Ustaz sampai mati,” kata UAS.

Lalu sambil berjalan menuju mobil usai ceramah di Auditorium Unissula, Semarang. Ketika ditanya apakah ia menolak dijadikan cawapres, UAS menilai ada yang lebih layak.

“Bukan menolak, ada yang lebih layak,” jawabnya singkat sembari berjalan ke mobil.

“Ini ada dunia pendidikan dan dunia dakwah, biarkan Ustaz Somad fokus pendidikan dan dakwah saja,” imbuhnya.

Sementara itu, Anggota Dewan Penasihat Persaudaraan Alumni (PA) 212 Eggi Sudjana, menyebut sebagian besar warga mengharapkan duet Prabowo Subianto dan ustaz Abdul Somad di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.

Menurutnya, harapan rakyat dan umat akan menjadi sebuah kenyataan bila duet tersebut diwujudkan.

“Luar biasanya, kalau pasangan Prabowo dan ustaz Abdul Somad maju ke Pilpres 2019, harapan rakyat dan umat jadi kenyataan,” kata Eggi dalam keterangan tertulis seperti dilansir dari CNNIndonesia.com.

Eggi menuturkan kalau Abdul Somad mendampingi Prabowo, dirinya meyakini kemenangan di Pilpres 2019. “Menang sangat mudah, menang berapa persen? Insya Allah 88,89 persen,” katanya.

Di sisi lain, pantauan jurnalis, penolakan UAS mendorong munculnya pesan-pesan audio visual yang berisi bujukan agar UAS bersedia menjadi cawapres memenuhi ruang-ruang media sosial. [Ivana]