Aksi pencurian terekam CCTV

PedomanBengkulu.com, Rejang Lebong – Sosial Media (Sosmed) jika digunakan untuk hal hal positif ternyata sangat bermanfaat bagi Masyarakat. Seperti yang terjadi di Rejang Lebong, melalui Sosmed.

Netizen secara bergotong royong mengungkap identitas pelaku pencurian bensin disebuah warung milik Warga Desa Duku Ulu Kecamatan Curup Timur yang terjadi Senin (27/8).

Hebatnya, Dua dari tiga pelaku pencurian yang terekam kamera CCTV Warga setempat terungkap identitasnya oleh para Netizen hanya dalam tempo dua jam.

Pantauan Pedoman Bengkulu bermula saat salah satu Netizen dengan akun Facebook bernama Desi Leni mengunggah dua vidio rekaman CCTV berdurasi masing masing 1,48 menit di sebuah group Facebook ternama di Kota Curup.

Video yang berisikan rekaman aksi pencurian yang dilakukan oleh 3 remaja yang terdiri dari satu remaja cowok, satu remaja putri dan satu lagi remaja putri berkelakuan tomboy menggunakan motor jenis honda blade.

Dalam rangkaian video rekaman CCTV tersebut, bermula saat ketiga remaja ini menggunakan 1 motor berboncengan tiga berhenti di salah satu Warung milik Warga yang belakangan diketahui berada tepat di muka gapura jalan masuk komplek SMEA I Talang Ulu Desa Duku Ulu. Setelah berhenti, ketiga remaja tersebut langsung membeli bensin. Setelah pemilik warung mengisi bensin, pelaku cewek tomboy langsung menyerahkan uang untuk membayar bensin tersebut. Lantaran nilai uang yang besar, si ibu pemilik warung akhirnya masuk ke dalam rumah untuk mengambil kembalian. Kondisi itulah yang dimanfaatkan para pelaku untuk mencuri BBM jenis petralit sebanyak lima liter bersama dengan diriken sebagai wadahnya. Usai beraksi, ketiga pelaku langsung kabur meninggalkan lokasi tanpa sadar jika aksinya terekam kamera CCTV.

Postingan dua video rekaman CCTV tersebut sontak membuat gaduh para netizen yang mengirimkan berbagai komentar atas vidio tersebut.

Hingga akhirnya, para netizen yang mengenali wajah terduga pelaku cewek berkelakuan tomboy dan pelaku cowok tersebut mengungkap identitas para terduga pelaku diiringi komentar keyakinan dari netizen lain yang ternyata juga mengenal wajah pelaku.

Tak pelak, secara beramai ramai, para netizen menguplod scren shoot nama akun facebook terduga pelaku cewek tomboy yang bernama ‘A-K’ serta terduga pelaku cowok yang berakun ‘R-F’ tersebut.

Rekaman CCTV aksi pencurian bensin yang viral di Media Sosial Facebook

“Sesama manusia harus tolong menolong. Biar yang buruk pergi kejalan yang benar, dan yang benar harus banyak belajar dari kesalahan yang sering dilihat,” ujar salah satu Netizen dengan akun Ardo Al Atas saat dihubungi Pedoman Bengkulu via mesenger.

Namun sayangnya, hingga saat berita ini dilansir, belum ada pergerakan dari aparat hukum untuk menangani para pelaku pencurian. [Ifan]