PedomanBengkulu.com, Bengkulu Utara – Acara penutupan kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 102 di Desa Sumber Mulya, Kecamatan Pinang Raya Kabupaten Bengkulu Utara, pada Rabu (8/8/2018) dihadiri oleh Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (Wakasad), Letjen TNI Tatang Sulaiman.

Jenderal bintang tiga ini mengaku terkesan dengan hasil pekerjaan proyek senilai lebih Rp1 miliar tersebut yang terdiri dari pekerjaan fisik maupun non fisiknya.

Terlebih lagi, dalam prosesnya banyak unsur terlibat, tidak hanya Pemda Bengkulu Utara saja namun juga TNI-Polri-Rakyat besama-sama membangun daerah terpencil.

“Kesan saya bagus, sudah beberapa kali saya menutup acara yang ini luar biasa. Ini bertanda baiknya hubungan antara TNI dengan kepolisian, kepolisian dengan rakyat dan TNI dengan rakyat ini harus di pelihara. Apa lagi temanya tadi adalah bagaimana menumbuhkan, membentuk karakter pemuda kita sekarang ini agar punya rasa nasionalisme dan patriotisme,” bebernya.

Sementara itu Dandim 0423 Bengkulu Utara Letkol Arh. Ari Trisenta Nursanto, berkesempatan secara simbolis memotong pita tanda akses jalan tersebut secara resmi bisa dilalui masyarakat sebagai jalur penghubung Kecamatan Pinang Raya dan Kecamatan Giri Mulya.

“Saya berharap kepada masyarakat dapat beraama-sama merawat dan menjaga hasil pembangunan ini. Ke depan, pemda melalui Dinas PUPR secara bertahap akan melakukan pengaspalan di tahun anggaran nantinya,” kata Arie.

Pada TMMD tahun ini selain pembukaan jalan dan pengolaran jalan dilakukan pula pemasangan gorong-gorong sebanyak 4 unit, pembuatan poskamling, rehab rumah ibadah dan rehab sekolah PAUD.

Sasaran non fisik difokuskan dalam pembinaan generasi muda seperti penyuluhan hukum, bela negara, dan narkoba. Begitu juga dengan penyuluhan KB, pola hidup sehat, pertanian, penghijauan dan bencana alam.

Selain itu, ada juga pemberian bantuan kepada para petani, pemuda, TPQ, pengobatan gratis, bazar produk UKM, dan KB gratis.

Hadir dalam kesempatan tersebut Pangdam II Sriwijaya Majen TNI Irwandi, Wa Aster kasad Brigjen TNI Sudarsono, Brigjen TNI (Purn) Abdul K, Danrem 041 Bengkulu, dan disambut oleh wakil Bupati Bengkulu Utara Arie Septia Adinata,SE, Fkpd Provinsi, Waka Polda Bengkulu, Fkpd Bengkulu Utara, pejabat Kodam II Sriwijaya, dan korem 041 Bengkulu dengan tema “Manunggal Membangun Karakter Generasi Milenial”. [Evi Kusnandar]