Sejalan dengan program Revitalisasi SMK, Astra Motor Bengkulu dan SMKN 4 Kepahiang pada hari Sabtu, 1 September 2018 mengasah ketrampilan kewirausahaan siswanya melalui kegiatan Servis Murah SMK Bisa.

Dalam kegiatan ini siswa jurusan TBSM (Teknik & Bisnis Sepeda Motor) kelas XII diberi tugas mencari konsumen dari masyarakat sekitar.

Selanjutnya di hari pelaksanaan siswa berbagi tugas, ada yang bertugas sebagai mekanik, petugas pendaftaran, sparepart, kasir, sehingga benar-benar memberikan pengalaman nyata mengelola bengkel sepeda motor.

Sigit Ariyanto, S.Pd, M.Pd, Kepala SMKN 4 Kepahiang mengatakan, “kegiatan ini bersifat positif utk membentuk jiwa wirausaha bagi para lulusan khususnya jurusan TBSM. Sehingga pada saat nanti mereka lulus sudah tidak canggung lagi ketika berada di dunia kerja sesuai dengan kompetensinya.”

Lebih lanjut pria yang hobi nyanyi dan musik ini, menjelaskan bahwa kegiatan ini sepenuhnya dikelola oleh siswa yang sudah selesai magang di AHASS selama 3 bulan, sehingga menjadi ajang pembuktian bahwa Siswa SMK Bisa.

Fasilitas di bengkel jurusan Teknik & Bisnis Sepeda Motor di SMKN 4 Kepahiang sama persis dengan AHASS, sehingga siswa sudah terbiasa menggunakan peralatan yang ada.

Kurikulum yang digunakan dalam proses belajar mengajar juga sudah menggunakan standard Honda dengan didukung oleh guru-guru yang sudah menjalani training di Honda, sehingga SMKN 4 Kepahiang berani menjamin kualitas servis motor yang dilakukan oleh siswanya dalam kegiatan ini.

Masyarakat cukup terbantu dengan memberikan harga yang special dari harga normal untuk servis ringan dan ganti oli sekitar Rp90.000, ini cukup membayar Rp50.000.

Kegiatan ini juga didukung oleh AHASS Ilham Motor dalam penyediaan suku cadang dan olinya serta sebagai pendamping dan pengawas jalannya kegiatan servis.

Dalam satu kali pelaksanaan para siswa berhasil menservis 25 unit sepeda motor. Hal ini menjadi bukti kepercayaan dan dukungan masyarakat untuk SMK Bisa. [Nurhas Bunaida]