Ekspose Laporan Akhir Masterplan E-Goverment di Aula Bappeda-Libang Kaur, Jumat (14/9/2018).

PedomanBengkulu.com, Kaur – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) Kabupaten Kaur melakukan Ekspose Laporan Akhir Masterplan E-Goverment di Aula Bappeda-Libang Kaur, Jumat (14/9/2018).

Aplikasi E-Goverment merupakan aplikasi yang mempermudah segala rencana dan urusan Pemerintahan Daerah Kabupaten Kaur dalam melaksanakan tata kelola keuangan, perencanaan pembangunan, sistem aministrasi yang dilakukan secara online.

E-Goverment merupakan bagian dari E-Planning dan E-Simbada yang merupakan satu kesatuan untuk menciptakan birokrasi bekerja dengan efektif, efesien dan sistimatis.

Kegiatan ini dibuka oleh Sekda Kaur Nandar Munadi.

Kepala Bappedalitbang Kaur Alian Suhadi.

Dalam Ekspose Laporan Akhir Masterplan E-Goverment ini hadir Kepala Bappedalitbang Kaur Alian Suhadi dan Kepala-kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Kaur.

Kepala Bappedalitbang Kabupaten Kaur Alian Suhadi menyampaikan, yang menjadi tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk memberikan petunjuk teknis dan tata cara pembuatan laporan secara cepat dan tepat.

“Layanan E-Government untuk mewujudkan birokrasi yang lincah, efektif dan efesien,” ungkapnya.

Ia melanjutkan, dalam penerapan E-Government secara masif, terstruktur dan sistematis, Pemerintah mesti melihat perkembangan teknologi informasi yang telah memicu perubahan yang cukup luar biasa dalam tatanan kehidupan bernegara dan dunia.

“Oleh sebab itu ini kedepan kita gerakan sampai pada tingkat Kecamatan, saat ini seluruh Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Kaur telah melaksanakan secara online,” tandasnya.

Para peserta tampak menyimak.

Sementara Asisten II Bahrun Budiman, menyampaikan, E-Goverment ini untuk mempermudah capaian visi dan misi Kabupaten Kaur kedepan.

“Ini sangat penting sekali,” tegasnya.

Secara mudah E-Goverment atau pemerintahan elektronik adalah penggunaan teknologi informasi oleh pemerintah untuk memberikan informasi dan pelayanan bagi warganya.

Urusan itu bisa saja terkait urusan bisnis, pelayanan publik, pembangunan, pengelolaan anggaran serta hal-hal lain yang berkenaan dengan pemerintahan.

E-Goverment diharapkan dapat meningkatkan efisiensi, transparasi dan kenyamanan publik untuk mengontrol pelayanan dan penyelenggaraan pemerintahan. [Feri/Adv]