Ilustrasi

Tidak hanya terpaku pada satu kegiatan yang itu-itu saja, begitulah yang dilakukan orang sukses ketika menjalani liburan mereka. Mereka senang melakukan berbagai kegiatan yang produktif dan memberi manfaat yang positif di dalam hidup mereka. Hal ini tentu jauh lebih bermanfaat, jika dibandingkan dengan sejumlah liburan yang dilakukan tanpa sebuah perencanaan yang tepat.

Jadi tidak ada salahnya melakukan liburan dengan berbagai kegiatan yang berbeda dari sebelumnya, jika tidak terlalu yakin, dapat dilakukan dengan menyusun sebuah rencana awal untuk setiap liburan yang akan lakukan. Dengan begitu, akan jauh lebih mudah untuk menjalankan sesuai dengan keinginan.

Menikmati liburan tentu tidak harus selalu identik dengan bepergian jauh atau melakukan sebuah perjalanan yang panjang. Meski di rumah saja, tetap bisa menikmati liburan dengan menyenangkan, selama liburan tersebut bisa menghasilkan sesuatu yang bermanfaat. Melansir Cermati beberapa poin di bawah ini, yang merupakan liburan produktif yang dilakukan oleh orang-orang sukses:

1. Mempersiapkan Agenda Minggu Depan

Menjalani hari tanpa rencana adalah sebuah kesalahan yang tidak dilakukan oleh orang sukses. Jangan buang-buang waktu dengan percuma. Biasakan untuk menyusun rencana kerja selama satu pekan ke depan, dan bisa melakukan hal ini di akhir minggu ketika sedang menikmati liburan.

Susun jadwal dengan tepat dan benar-benar sesuai dengan kebutuhan pekerjaan yang dilakukan, sehingga bisa mencapai semua target pekerjaan tersebut dengan maksimal. Karena orang sukses mengawali kesuksesannya dengan sebuah rencana yang matang.

2. Meliburkan Pekerjaan

Ketika sedang menikmati liburan, artinya sedang meninggalkan sejenak segala urusan pekerjaan sepanjang minggu. Saat liburan, juga harus meliburkan pekerjaan.

Seringkali orang melupakan liburan dan melakukan kesalahan ini, sebab hampir semua orang tidak bisa meninggalkan smartphone/gadget mereka meski hanya beberapa jam saja. Ketergantungan, seperti itulah pada berbagai perangkat kerja yang dimiliki, termasuk pada pekerjaan itu sendiri.

Mulailah untuk meninggalkan kebiasaan buruk ini, seperti selalu membawa-bawa pekerjaan ke mana saja dan kapanpun juga. Sesekali lupakan pekerjaan dan jauhkan sejenak aktivitas dari bekerja. Nikmati liburan dan liburkan pekerjaan di hari libur.

3. Merencanakan Sesuatu

Yang sukses adalah mereka yang menjalankan harinya dengan terencana, dan bahkan untuk akhir pekan pun, orang sukses akan mengatur segala sesuatunya dengan terencana. Jika ingin juga menjadi salah satu orang sukses, maka mulailah melakukan kebiasaan ini sejak sekarang.

Bukan hanya di hari kerja saja membutuhkan sejumlah agenda, namun di akhir pekan juga dibutuhkan agar akhir pekan bisa berjalan dengan lancar dan menyenangkan. Tak perlu menyusun sejumlah agenda yang sulit untuk dicapai karena demikian padat dan melelahkan.

Dapat dimulai dengan membuat sebuah rencana yang bermanfaat dan menyenangkan, namun tetap dalam porsi yang bisa dilakukan dengan santai. Kebiasaan membuat rencana akan membantu untuk bisa melakukan segala sesuatunya lebih tertarget dan tertuju pada titik tertentu yang diinginkan.

4. Rekreasi

Siapa bilang orang sukses hanya selalu memikirkan pekerjaannya saja sepanjang waktu, mereka juga melakukan berbagai hal yang menyenangkan dan bisa membuat mereka bahagia, salah satunya dengan pergi rekreasi. Ini bahkan sangat tepat untuk dilakukan di masa liburan yang panjang, sebab akan memiliki sejumlah waktu yang cukup untuk melakukan perjalanan dan bepergian ke tempat-tempat yang diinginkan.

Lupakan sejenak pekerjaan dan pergilah rekreasi ke berbagai tempat yang menyenangkan. Bukan sekadar jalan-jalan yang membosankan, namun juga bisa mencoba berbagai hal baru yang mungkin selama ini belum sempat dilakukan. Jangan takut untuk bepergian dan mendatangi tempat-tempat yang belum pernah dikunjungi, selama dapat melakukannya dengan terencana, maka semuanya bisa berjalan aman dan lancar saja.

Rekreasi tidak harus selalu bepergian ke kota atau tempat-tempat yang penuh dengan keramaian. Jika menyukai alam, maka bisa mencoba untuk menikmati wisata alam atau pegunungan. Di tempat seperti ini bisa mencoba berbagai oleh raga menyenangkan, seperti: bersepeda, hiking, mendaki gunung dan yang lainnya. Wisata pantai juga bisa menjadi pertimbangan, selain menikmati keindahan pantai dan lautan dan bisa menikmati berbagai macam permainan air.

5. Bangun Pagi dengan Santai

Jika sudah terbiasa bangun siang di akhir pekan atau di waktu liburan, maka sebaiknya mulai tinggalkan kebiasaan tersebut. Karena, ini bangun pagi yang berbeda, ini bangun pagi dengan suasana hati yang santai dan tidak terburu-buru untuk segera mandi dan berangkat ke tempat kerja.

Bangunlah lebih awal dan nikmati pagi yang berbeda. Lakukan aktivitas yang tidak biasa dilakukan di pagi hari, misalnya membaca buku atau menikmati pagi di pusat kebugaran yang biasa dikunjungi di sore hari. Lihat bagaimana hari libur menjadi sangat berbeda ketika menikmatinya sejak pagi hari. Ada semangat dan juga kebahagiaan yang akan terpancar ketika menikmati liburan seperti ini.

6. Melakukan Hobi

Apakah begitu sibuk dan tidak pernah memiliki sejumlah waktu yang cukup untuk melakukan berbagai hobi selama ini? Maka lakukanlah hal tersebut di hari libur. Enyahkan sejenak pemikiran tentang pekerjaan dan nikmati semua waktu untuk melakukan hobi. Dengan melakukan hobi akan membuat bahagia dan begitu menikmati liburan yang dimiliki, jadi mengapa menunda-nunda untuk melakukannya?

Menikmati liburan tentu menjadi sebuah hal penting yang harus dilakukan, agar bisa lepas sejenak dari belenggu pekerjaan dan rutinitas yang padat. Jangan habiskan liburan hanya dengan melakukan berbagai hal yang itu-itu saja. Mulailah ubah kebiasaan liburan dengan berbagai kegiatan liburan yang produktif, sehingga dapat memiliki waktu liburan yang berkualitas dan bermanfaat. [Eva De]