PedomanBengkulu.com, Rejang Lebong – Suasana seputaran Kelurahan Air Putih Lama Kecamatan Curup, Sabtu (8/9) dini hari mendadak ramai.

Ini setelah Warga setempat berhasil mengamankan dua pelajar yang kepergok mencuri di Salon ‘Boim’ milik Ibrahim (37) Warga Desa Lubuk Ubar Kecamatan Curup Selatan yang berada di Kelurahan Air Putih Lama. Kedua pelajar berinisial TE (18) dan AH (14) Warga Jalan Gajah Mada II Kelurahan Air Rambai Kecamatan Curup ini diamankan Warga saat tengah mencuri tabung gas, Jas pria serta sepasang Sandal pengantin yang berada di dalam Salon milik Korban. Tak pelak, setelah diamankan, keduanya langsung di serahkan ke Petugas Polres Rejang Lebong untuk di tindak lanjuti.

Kapolres Rejang Lebong, AKBP. Ordiva, SIK melalui Kasat Reskrim, AKP. Jery Antonius Nainggolan, SIK saat dikonfirmasi, Minggu (9/9) membenarkan adanya peristiwa tersebut.

“Korban sudah melapor resmi kepada petugas Kita. Setelah diamankan Warga, Keduanya langsung diserahkan kepada petugas Piket saat ini. Saat ini, keduanya sedang menjalani proses pemeriksaan,” ujar Kasat.

Dijelaskan Kasat, kronologis peristiwa bermula saat kedua pelaku yang nekat masuk ke dalam Salon Korban dengan cara merusak gembok pintu depan bangunan Salon. Berhasil masuk, kedua pelaku langsung melancarkan aksinya berniat mencuri sejumlah barang berharga yang ada di dalam Salon.

Naas, sambung Kasat, di saat pelaku berniat akan keluar dari dalam salon sembari membawa tabung gas, 1 unit Pakaian jenis Jas dan sepasang sandal milik Korban yang ada di dalam salon, aksi keduanya justru dipergoki oleh pemilik rumah.

“Pemilik rumah tempat Korban menyewa bangunan untuk Salon ini langsung memanggil Warga sekitar. Warga yang sudah berkumpul langsung mengamankan kedua pelaku dan menyerahkan mereka ke petugas piket kita,” ujar Kasat.

Atas perbuatannya, tambah Kasat, pelaku akan dijerat dengan Pasal 363 Ayat (1) Ke- 3, Ke- 4 dan Ke- 5 KUHP Jo Pasal 53 KUHP. “Kita masih melakukan pemeriksaan lebih lanjut terhadap Pelaku untuk mengetahui kemungkinan keterlibatan pelaku di sejuah lokasi pencurian lainnya,” tegas Kasat. [Ifan Salianto]