Pertemuan Teknis Penguatan Sistem Rujukan Tingkat Provinsi Bengkulu yang bertempat di Hotel Madelin Bengkulu, Kamis (20/9/2018).

Dalam rangka memberikan edukasi serta menginplementasikan Sistem Rujukan Online kepada Fasilitas Tingkat Pertama (FKTP) dan Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL), BPJS Kesehatan Cabang Bengkulu bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu menggelar kegiatan Pertemuan Teknis Penguatan Sistem Rujukan Tingkat Provinsi Bengkulu yang bertempat di Hotel Madelin Bengkulu, Kamis (20/9/2018).

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Bengkulu, Rizki Lestari, pada kegiatan ini menyampaikan bahwa sistem rujukan online yang sudah mulai diujicobakan sejak tanggal 15 Agustus sampai dengan 30 September 2018 akan berjalan sepenuhnya pada tanggal 1 Oktober 2018 mendatang.

“Rumah sakit diharapkan selalu mengupdate aplikasi Health Fasilities Information System, karena jika tidak di update maka FKTP tidak bisa melakukan rujukan ke rumah sakit melalui sistem rujukan online,” jelas Rizki

Lebih lanjut Rizki menjelaskan, sistem rujukan online dapat membuat pelayanan lebih efektif dan efisien.

“Apabila ada rujukan parsial, maka dapat meminimalisir dobel Claim ataupun Claim beririsan sehingga pelayanan lebih efektif dan efisien,” tambahnya.

Menurut Rizki, dengan adanya sistem rujukan online ini, peserta pelayanan rujukan lebih transparan dan terbuka memilih fasilitas kesehatan yang dituju sesuai mutu layanan dan kompetensi fasilitas kesehatan.

“Kami berharap seluruh fasilitas kesehatan yang ada saat ini dapat meningkatkan mutu layanan dalam era sistem rujukan online, serta kami juga membutuhkan peran serta seluruh stakeholder yang ada untuk memenuhi kebutuhan faskes dan peserta dari pemerintah daerah dan TKMKB,” ujarnya.

Data terhimpun, kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan dari berbagai rumah sakit, Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota serta perwakilan Puskesmas yang ada di Provinsi Bengkulu. [Rilis/Nurhas Bunaida]