PedomanBengkulu.com, Bengkulu – Plt Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah secara resmi membuka Festival Tabut Tahun 2018 di Lapangan Merdeka View Tower Bengkulu, Senin (10/9/2018).

Pada sambutannya, Plt Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah mewakili Pemerintah Provinsi Bengkulu mengucapkan selamat tahun baru 1 Muharram 1440 Hijriyah kepada seluruh pengunjung yang datang.

“Mudah-mudahan di awal tahun ini menjadi evaluasi yang mendasar, di tengah-tengah tahun nanti menjadi kemajuan yang berarti dan pada akhir tahun nanti kita meraih prestasi yang gemilang untuk kemajuan, kesejahteraan masyarakat Provinsi Bengkulu,” kata Rohidin.

Rohidin juga berpesan agar Festival Budaya Tabut ini diharapkan bisa selalu dibina, dikembangkan, dan dipelihara dengan baik pada setiap eventnya.

“Saya tidak ingin kalender event yang begitu meriah ini hanya berpusat di Kota Bengkulu, karena kekayaan budaya Bengkulu juga tersebar di sembilan kabupaten dan satu kota.

Lanjut Rohidin, Bengkulu akan melaksanakan berbagai event di wilayah kabupaten lain, diantaranya adalah Kabupaten Lebong dengan keunggulan Danau Tes, dan Arum Jeram dengan derasnya Arus Sungai Ketahun, Kabupaten Rejang Lebong dengan festival Bunganya, dan Festival Bumi dan Lembah di Kabupaten Kepahyang.

“Semuanya akan tampil dalam event yang begitu baik dan menarik sesuai dengan potensi alam dan kondisi budaya yang kita miliki. Satu kabupaten dan kota pada tahun 2020, minimal ada satu kalender top event yang muncul dan berskala nasional,” tambah Rohidin.

Di samping itu, menurut Rohidin geliat pariwisata yang ada di Bengkulu ini akan kita dukung dengan adanya perkembangan ekonomi kawasan, yaitu Kawasan Ekonomi Khusus yang direncanakan akan dibangun wilayah Pelabuhan Pulau Baai.

“Mudah-mudahan itu menunjang pengembangan pariwisata Bengkulu di masa yang akan datang. Terakhir, secara khusus saya memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Keluarga Besar Kerukunan Tabot Bengkulu yang sudah menjaga kebersamaan, menjaga nilai-nilai Tabut ini,” pungkas Plt Gubernur Bengkulu.

Dilain sisi, turut hadir dalam acara pembukaan Festival Tabut 2018 ini Esti Eko Astuti selaku Staf Ahli Bidang Multikultural Kementrian Pariwisata Republik Indonesia. [Deni Dwi Cahya]