PedomanBengkulu.com, Rejang Lebong – Lantaran nekat menggelapkan motor jenis Matic milik temannya sendiri, AP (25), Warga Kelurahan Karang Anyar Kecamatan Curup Timur, Jumat (7/9) akhirnya diciduk unit buru sergap Sat Reskrim Polres Rejang Lebong.

AP membawa kabur motor milik Robby Dwi Febriansyah, Warga Kelurahan Pelabuhan Baru Kecamatan Curup Tengah pada Selasa malam (7/8) lalu.

“Paska dilaporkan pada tanggal 11 Agustus 2018 lalu, AP diketahui empat menghilang kabur setelah menggelapkan motor temannya ini,” ujar Kapolres Rejang Lebong, AKBP. Ordiva, SIK melalui Kasat Reskrim, AKP. Jery Antonius Nainggolan, SIK, Jumat (7/9).

Dijelaskan Kasat, peristiwa terjadi bermula saat Korban sedang bertandang di rumah salah satu temannya di Kelurahan Karang Anyar. Sekitar pukul 20.00 WIB Selasa (7/8), AP datang kebTempat Kejadian Perkara (TKP) bertemu korban. Setelah sempat berbincang, AP meminjam motor Korban dengan alasan ingin pergi ke pasar sebentar. Merasa yakin terhadap AP, Korban lantas memberikan kunci motor kepada AP dan langsung memacu motor Korban meninggalkan TKP.

Naas, hingga pukul 22.00 WIB, AP beserta motor Korban tak kunjung datang kembali ke TKP. Hingga ditunggu ke esokan harinya, Korban juga tak kunjung bertemu dengan AP. Korban yang panik, akhirnya melaporkan kejadian tersebut ke Mapolres Rejang Lebong.

“Setelah menerima laporan dan mengambil keterangan saksi korban serta saksi saksi lainnya, kita langsung menelusuri keberadaan AP. Namun AP ternyata kabur. Setelah sebulan, kita mendapatkan informasi jika AP kembali ada di Curup. Kita lantas melakukan pengintaian dan akhirnya berhasil mengamankan AP,” ujar Kasat.

Atas ulahnya, sambung Kasat, AP dijerat dengan pasal 372 KUHPidana tentang tindak pidana penggelapan.

“Sekarang AP sudah ditetapkan sebagai tersangka dan berada di sel tahanan Polres Rejang Lebong. Petugas kita sedang melakukan pemeriksaan terhadap AP untuk mengetahui motif penggelapan yang dilakukan oleh tersangka serta mengorek keterangan tersangka untuk menelusuri keberadaan motor Korban,” tegas Kasat. [Ifan Salianto]