Pembukaan dan penutupan Asian Games 2018 berlangsung meriah. Dan kemeriahan tersebut juga diwarnai oleh prestasi diantaranya perolehan 31 medali emas yang disabet oleh Indonesia.

Selain itu, ada enam objek wisata unggulan Indonesia hadir dalam seri billboard Asian Games 2018 kemarin. Enam destinasi tersebut hadir untuk mewakili destinasi wisata Indonesia dari berbagai wilayah.

Pada billboard hadir model dengan pakaian yang diangkat dari beragam keindahan di Asia. Setiap foto mengambil inspirasi dari berbagai tempat dari seluruh Asia, yakni Asia Tenggara, Asia Selatan, Timur Tengah, Asian Timur, dan Asia Tengah.

“Ide awalnya adalah untuk menyambut bangsa-bangsa Asia ini datang ke perhelatan akbar pesta olahraga terbesar kedua di Asia. Kita gunakan momen ini untuk mengenalkan wajah-wajah Asia ke masyarakat,” ujar anggota Creative Center of Communication Department – INASGOC, Ade Irawan, dilansir dari KompasTravel.

Berikut enam objek wisata unggulan yang diangkat untuk mewakili pariwisata Indonesia dalam menyambut Asian Games 2018.

1. Borobudur, Magelang, Jawa Tengah

Candi Borobudur merupakan salah satu wisata budaya dan religi di Indonesia. Candi ini merupakan candi Buddha Warisan Budaya Dunia yang sudah ditetapkan UNESCO. Borobudur yang terletak di Magelang, Jawa Tengah, Indonesia ditetapkan sebagai ikon pariwisata Jawa Tengah. Rumah tinggal atau homestay disediakan bagi wisatawan yang ingin tinggal dekat dengan cagar budaya dunia itu.

2. Pantai Gigi Hiu, Kelumbayan, Lampung

Pantai Gigi Hiu terletak di Pantai Pegadungan, Kecamatan Klumbaya, Kabupaten Tanggamus, Lampung. Berjarak 90 kilometer dari Bandar Lampung. Terdapat sejumlah batu dengan bentuk meruncing ke atas yang membuat daerah itu dikenal dengan sebutan Gigi Hiu. Selain sebutan Gigi Hiu tempat ini juga dikenal dengan nama Batu Layar karena sejumlah baru tampak seperti layar perahu.

3. Pura Ulun Danu Beratan, Budugul, Bali

Pura Ulun Danu Beratan terletak di Desa Candikuning, Baturitu, sekitar 50 kilometer arah utara dari Denpasar. Danau tenang mengitari Pura Ulun Danu, pura di atas danau itu merupakan salah satu dari Sembilan pura Kahyangan Jagat yang mengelilingi Pulau Bali.

Dalam kompleks Pura Ulun Danu terdapat lima candi, yaitu Candi Agung Penataran, Pura Dalem Purwa, Pura Taman Beiji, Pura Lingga Petak, dan Pura Prajapati. Serta satu trupa Buddha.

4. Tana Toraja, Sulawesi Selatan

Tana Toraja berarti ‘Tanah Para Raya’ adalah salah satu kawasan wisata di Sulawesi Selatan. Tana Toraja merupakan salah satu tempat konservasi peradaban budaya Proto Melayu Austronesia yang masih terawat.

Tidak lengkap jika berkunjung ke Tana Toraja tidak mengunjungi situs pemakaman tradisional masyarakat Toraja yang berada di atas bukit batu. Berbagai upacara adat dengan latar belakang keindahan alam Tana Toraja dapat dinikmati di sana.

5. Pulau Padar, Taman Nasional Komodo, NTT

Pulau Padar juga menyuguhkan latar belakang teluk nan indah. Teluk padar memiliki eksotisme dan pemandangan yang luar biasa indah, mewakili keindahan alam Indonesia. Padar adalah salah satu pulau untuk bertemu komodo di alam liar, selain juga Pulau Komodo dan Pulau Rinca.

6. Gunung Rinjani, Lombok Nusa Tenggara Barat

Gunung Rinjani menjadi bagian dari tujuh gunung tertinggi di Indonesia (7 summits of Indonesia). Keindahannya menjadikan Gunung Rinjani menjadi geopark dunia dalam sidang Unesco Executive Board.

Keindahan Danau Segara Anak, bukit-bukit sepanjang perjalanan, lautan awan di puncak gunung, dan kawah yang indah selalu memesona para pendaki Indonesia dan mancanegara. [Eva De]