Kehadiran pendiri Alibaba, Jack Ma, di Indonesia dalam acara closing ceremony Asian Games 2018 menjadi buah bibir beberapa hari ini. Miliarder dengan nama lengkap Ma Yun tersebut memiliki tubuh yang bugar meski usianya tak lagi muda. Tai chi adalah salah satu kunci tubuh bugar Jack Ma.

Seperti dilansir Health Fitness Revolution, Jack Ma adalah miliarder yang menginspirasi dunia. Ini karena Ma tetap memperhatikan kondisi kesehatan tubuh di tengah kesibukan mengurus e-Commerce raksasa miliknya, Alibaba.

Untuk menjaga kebugaran tubuhnya, Jack Ma ternyata menggeluti Tai chi yang merupakan seni bela diri khas Tiongkok. Ma berlatih Tai chi dengan asistennya, dan berfokus pada gaya Chen Tai Chi Chuan.

Manfaat Tai chi untuk kesehatan tubuh

Tai chi merupakan seni bela diri yang terkenal di Tiongkok sejak ribuan tahun lalu. Fokus dalam Tai chi adalah relaksasi atau mengedurkan tubuh. Ini berarti, Tai chi bisa membuat tubuh lebih luwes, lincah, dan mudah menghilangkan rasa lelah.

Tak sekadar itu, melansir KlikDokter, Tai chi ternyata juga turut memberikan segudang manfaat sebagai berikut:

– Untuk semua kalangan

Tai chi adalah seni bela diri yang lembut. Mulai dari anak-anak sampai orang lanjut usia bisa melakukannya. Bahkan, banyak guru Tai chi terkemuka memulai karier mereka sebagai pengajar seni bela diri ini saat usianya sudah tak lagi muda.

– Kekuatan dan Ketahanan

Tai chi telah terbukti sebagai latihan dengan manfaat yang signifikan untuk masalah keseimbangan, kekuatan, dan ketahanan otot bagian atas maupun bawah tubuh. Seni bela diri kuno dari Tiongkok ini pun dapat meningkatkan fleksibilitas tubuh bagian atas dan bawah, khususnya pada orang yang lebih tua.

Suatu penelitian mengatakan, orang-orang berusia 60 dan 70 tahun yang berlatih Tai chi tiga kali seminggu selama 12 minggu mengalami perbaikan yang signifikan dalam hal keseimbangan, kekuatan otot, daya tahan, dan fleksibilitas.

– Mengendalikan gejala asma

Fokus pada teknik pernapasan yang tepat membuat Tai chi sangat bermanfaat bagi penderita asma.

– Kapasitas aerobik yang lebih baik

Dalam studi meta-analisis, para peneliti melihat tujuh studi yang berfokus pada efek Tai chi terkait kapasitas aerobik orang dewasa dengan usia rata-rata 55 tahun. Para peneliti menemukan bahwa individu yang berlatih Tai chi secara teratur selama satu tahun memiliki kapasitas aerobik yang lebih tinggi daripada individu yang tidak aktif di sekitar usia yang sama.

– Solusi stres

Gerakan Tai chi yang berpusat pada pernapasan, gerakan, dan konsentrasi cocok bagi mereka yang memiliki gaya hidup sibuk. Ini karena ketiga kombinasi gerakan tersebut dapat meningkatkan perasaan tenang, sehingga bisa mencegah sekaligus mengatasi stres.

– Menjaga keseimbangan tubuh

Kecepatan berjalan menurun seiring bertambahnya usia. Penelitian menunjukkan bahwa itu mungkin terkait dengan peningkatan risiko jatuh.

Terkait hal itu, beberapa studi menemukan bahwa orang-orang yang berlatih Tai chi memiliki kekampuan berjalan yang jauh lebih banyak daripada mereka yang tidak.

– Memperkuat sendi

Bentuk latihan yang berpusat pada gerakan bahu, lutut, punggung, dan sendi membuat Tai chi menjadi seni bela diri yang dapat melindungi dan memperkuat sendi. Untuk ini, Tai chi perlu dilakukan dengan jangka panjang dan secara teratur.

– Kesehatan organ dalam

Teknik meditasi, pernapasan, dan gerakan spiral maupun lentur yang ada pada Tai chi membuatnya dapat melindungi organ tubuh bagian dalam dari dampak buruk stres, postur tubuh yang tidak tepat, dan kondisi merugikan lainnya.

Jadi, jika ingin memiliki tubuh yang sehat dan bugar seperti Jack Ma, tak ada salahnya untuk menjadikan Tai chi sebagai aktivitas yang dilakukan secara rutin dan teratur. [Ivana]