Pemandangan Air Terjun Tri Muara Karang. Foto Kurnia Syahputri.

Keindahan yang disajikan alam kerap kali memikat mata banyak orang, seperti di destinasi wisata satu ini, yakni Air Terjun Tri Muara Karang.

Nah, bagi yang penasaran bagaimana suasana dan dan keindahan air terjun ini, dapat datang langsung ke Desa Blitar Sindang Kelingi, Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu.

Sepanjang perjalan menuju air terjun ini, dari Kota Curup akan melihat sajian pemandangan hijau dari sayuran, kebun bunga, buah dan pemandangan hijau berbagai tumbuhan lain.

Dan yang pasti, seperti diketahui banyak orang bahwa Curup adalah kota sejuk, maka tak perlu khawatir gerah selama perjalanan sebab melihat pemandangan hijau saja sudah membuat sejuk mata.

Disini, uniknya terdapat tiga aliran air terjun dengan suhu yang berbeda. Dimulai dari tempat paling atas terdapat air terjun panas, kemudian di tingkat kedua ada air terjun hangat, dan terakhir yang paling bawah adalah air terjun dingin.

Dari ketiganya, air terjun dingin adalah lokasi dengan air terjun tertinggi yang mencapai hingga 100 meter.

Lalu, terdapat sejumlah batu besar yang bisa dipakai untuk beristirahat sejenak. Meski begitu pengunjung harus berhati-hati dengan kolam di bagian tengah yang cukup dalam akibat derasnya hujaman air.

Pada area air terjun panas terdapat kolam air panas dengan luas sepuluh meter persegi. Meski begitu pengunjung harus berjuang terlebih dahulu untuk mencapai area tersebut.

Pengunjung dapat berfoto disekitar air terjun. Objek wisata ini sangat pas dijadikan destinasi liburan akhir pekan bersama kawan-kawan.

Untuk berkunjung kesini baiknya saat cuaca tengah bersahabat, dan merupakan kewajiban bersama untuk menjaga objek wisata sehingga tidak diperkenankan merusak area ataupun membuang sampah sembarang di tempat wisata. [Eva De]