Inspektur 5 Kejaksaan Agung Muda, Mangihut Sinaga SH. MH.

PedomanBengkulu.com, Bengkulu — Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Kepahiang meraih prestasi gemilang. Pasalnya di bawah pimpinan Haji Lalu Syaifudin, Kejari Kepahiang masuk dalam nominasi sebagai kejari percontohan.

Inspektur 5 Kejaksaan Agung Muda, Mangihut Sinaga SH. MH, mengatakan setelah pihaknya melihat dan meninjau Kejari Kepahiang tersebut termasuk juga masuk nominasi untuk kejari percontohan dilakukan penilaian menjadi sidat karya.

“Ada 16 Kejari di seluruh Indonesia yang di perlombakan untuk mendapat kriteria penghargaan sidat karya, termasuk Kejari Kepahiang. Saya melihat kemaren sejauh mana persiapannya, sarana prasarana yang ada untuk supaya mereka mendapat nanti minimal tiga besar,” ujar Mangihut Sinaga di Kejaksaan Tinggi Bengkulu, Selasa (4/9/2018).

Dijelaskan Mangihut Sinaga, penunjukan Kejari Kepahiang sebagai nominasi percontohan merupakan penunjukan dari Kejati yang disampaikan ke Kejagung. Maka dari itu pihak Kejagung mengevaluasi apa program inovasinya. Saat ini Kejaksaan harus bisa berinofasi baik pengelola IT, pengelola menejemen perkara itu merupakan sebagian dari inovasi yang menjadi penilaian penilaian Kejagung untuk menjadi Kejari percontohan.

“Sekarang Kejaksaan harus bisa berinovasi baik pengelola IT, pengelola menejemen perkara itu merupakan sebagian dari inovasi yang menjadi penilaian penilaian kita dan itu yang di perlombakan, dari MenPAN juga begitu petunjuknya bilamana ada Kejari-kejari berprestasi diberikan penghargaan karena merupakan calon pemimpin bangsa dan negara ini yang secara instansional agar ada perubahan. Maka pemimpin kejaksaan agung membuat penilaian penilaian Kejari-kejari se Indonesia,” kata Mangihut Sinaga.

Ditambahkan Mangihut Sinaga, kedatangannya di Bengkulu merupakan kunjungan kerja rutin. Pihaknya melakukan pengawasan inspeksi umum dan apabila ditemukan kekurangan maka akan di berikan petunjuk untuk melakukan perbaikan.

“Kami datang dan melihat apakah petunjuk yang telah kita kirimkan kemaren sudah dilaksanakan dan semuanya telah dilaksanakan dengan baik. Bagaimanapun kita secara terus menerus melakukan pemantauan daripada perbaikan, apa yang sudah dilakukan diperbaiki demi perbaikan untuk kedepan agar kejaksaan akan lebih baik untuk melayani masyarakat itu harapannya kedepan. Untuk saat ini bagus bagus saja tapi apabila ada admistrasi yang kurang kita beri petunjuk sesuai ketentuan,” pungkas Mangihut Sinaga. [Ardiyanto]