Asisten Pengawas Kejati Bengkulu, Gatot Guno Sembodo.

PedomanBengkulu.com, Bengkulu — Tim Kejaksaan Agung (Kejagung) akan mendatangi Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Kepahiang dalam rangka penilaian salah satu kejari se provinsi Bengkulu yang telah ditunjuk oleh Kejaksaan Tinggi (Kejati) Bengkulu sebagai Kejari percontohan.

Asisten Pengawas Kejati Bengkulu, Gatot Guno Sembodo, mengatakan, tim penilaian dari Kejagung akan datang besok untuk melakukan penilaian terhadap Kejari Kepahiang yang telah ditunjuk oleh Kejati Bengkulu untuk dijadikan sebagai Kejari Percontohan.

“Besok tim dari Kejagung akan datang ke Kejari Kepahiang untuk melakukan sidak karya penilaian selama dua hari, hari Kamis dan Jumat,” ujar Gatot, Rabu (12/9/2018).

Dijelaskan Gatot, contoh penilaian yang akan dilakukan yakni dalam pelaksanaan tugas dan kewenangan, penyelamatan keuangan negara, penindakan dan penyelesaian perkara perkara baik pidana umum, pidana khusus, dan datun yang semuanya dinilai.

“Yang dilihat kinerjanya, baik dalam pembinaan, pidana umum, intelejen dan lain-lain. Untuk Provinsi Bengkulu satu Kejari yakni Kejari Kepahiang,” kata Gatot.

Informasinya, dari seluruh Indonesia 16 Kejari yang masuk dalam nominasi Kejari percontohan yang salah satunya Kejari Kepahiang.

Beberapa hari lalu Kepala Kejati Bengkulu, Baginda Polin Lumban Gaol, berharap dengan ditunjuknya Kejari Kepahiang dapat masuk dalam nominasi Kejari percontohan minimal menduduki 5 besar karena yang dinilai 16 Kejari se Indonesia untuk menjadi Kejari percontohan.

“Kita berharap yang kita tunjuk ini minimal masuk lima besar dari 16 Kejari se-Indonesia. Dari 16 Kejari inipun sudah merupakan hasil seleksi dari pusat,” tandas Baginda. [Ardiyanto]