Kajati Bengkulu Baginda Polin Lumban Gaol

PedomanBengkulu.com, Bengkulu — Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Kepahiang yang dipimpin Haji Lalu Syaifudin saat ini menjadi sorotan pasca menoreh prestasi ditunjuk masuk nominasi Kejari percontohan.

Kepala Kejaksaan Tinggi (Kejati) Bengkulu, Baginda Polin Lumban Gaol, Kamis (6/9/2018) mengatakan untuk menjadi Kejari percontohan harus memiliki kriteria sesuai dengan apa yang menjadi ketentuan sebagai Kejari percontohan.

“Disini ada sembilan Kejari dari pada ini ada yang istimewa, semuanya kejari disini bagus, namun kita menuntut salah satu untuk dinilai apakah Kejari Kejari memenuhi standar-standar sebagaimana yang telah ditentukan antara lain standar pelayanan, kedisiplinan pegawai, pelaksanaan tugas dan kewenangan yang kita nilai cukup baik,” ujar Baginda.

Dijelaskan Baginda, pelaksanaan tugas dan kewenangan yang dinilai cukup baik yakni dalam menyelamatkan keuangan negara, penindakan dan penyelesaian perkara perkara baik pidana umum, pidana kushus, dan datun yang semuanya dinilai.

“Semua yang ada di Kejari kita nilai secara objektif dan apabila itu bagus maka akan ditinjau oleh tim dari menPAN yang disitu berbagai hal mulai dari kerapian kantor, infrastruktur, kedisiplinanya dan semua yang di situ di nilai jadi ada inovasi. Hubungan dengan penyidik lain seperti kepolisian, bagaimana mekanisme dari pada koordinasinya apakah ada inovasi secara teknologi yang sehubungan dengan itu,” kata Baginda.

Ia juga berharap dengan ditunjuknya Kejari Kepahiang dapat masuk dalam nominasi Kejari percontohan minimal menduduki 5 besar karena yang dinilai 16 Kejari se Indonesia untu menjadi Kejari percontohan.

“Kita berharap yang kita tunjuk ini minimal masuk lima besar dari 16 Kejari se indonesia. Dari 16 Kejari inipun sudah merupakan hasil seleksi dari pusat,” tandas Baginda. [Ardiyanto]