Rumah warga Blok A, Desa Sumber Rejo, Kecamatan Hulu Palik, Kabupaten Bengkulu Utara, Ludes terbakar, sekitar pukul 07.00 WIB Minggu (16/9).

PedomanBengkulu.Com, Bengkulu Utara – Diduga karena ada kerusakan pada jaringan instalasi arus listrik (konsleting) mengakibatkan rumah Bambang (50) warga Blok A, Desa Sumber Rejo, Kecamatan Hulu Palik, Kabupaten Bengkulu Utara, Ludes terbakar.

Diperkirakan oleh salah seorang warga yang pertama kali melihat kejadian tersebut, musibah terjadi sekitar pukul 07.00 WIB Minggu (16/9).

Untung tidak ada korban jiwa dalam insiden ini, namun kerugian yang diderita oleh korban ditaksir ratusan juta rupiah.

Kepala Desa (Kades) Sumber Rejao, Mulyono mengatakan, saat kebakaran, rumah dalam keadaan kosong. Pemilik rumah, kata Kades, yakni Bambang Gunawan (50) bersama istrinya tengah melayat ke tempat musibah di Desa Tebing Kaning.

“Penyebab kebakaran belum diketahui secara pasti, namun diduga karena konsleting listrik karena saat keluar rumah tidak ada kompor maupun api yang menyala,” kata Kades.

Api berhasil dipadamkan selang beberapa menit kemudian oleh warga masyarakat yang menggunakan peralatan seadanya serta dibantu dua unit mobil Damkar yang didatangkan ke lokasi.

Korsleting arus pendek listrik sering menyebabkan terjadinya kebakaran. Dilansir pusatkrisis.kemkes.go.id korsleting bisa terjadi karena kelalaian manusia. Masih banyak orang yang suka sembarangan dalam memasang instalasi listrik.

Tanpa memperhatikan estetika dan unsur safety, kabel atau instalas listrik yang dipasang cenderung apa adanya. Bahkan terkadang diletakkan di tempat-tempat yang tidak semestinya. Hal tersebut sangat berbahaya dan bisa menimbulkan kebakaran

Tips mencegah korsleting listrik, pertama hindari menumpuk steker atau colokan listrik terlalu banyak pada satu tempat karena sambungan seperti itu akan terus menumpuk panas sehingga mengakibatkan terjadinya korsleting listrik.

Jika dirumah memiliki peralatan elektronik yang memiliki daya besar seperti Kulkas, AC, segala macam pemanas, TV tabung, dan pompa air perlu diperhatikan. jangan menggunakan steker sembarangan, gunakan steker dengan kualitas baik, hal tersebut untuk mencegah terjadinya korsleting listrik.

Jangan memaksakan beban berlebih pada sikring. Jika sikring otomatis langsung ke Off itu karena beban yang berlebih pada suatu rangkaian listrik. Secara otomatis, sekring memutus arusnya. Jika kondisi tersebut masih dilakukan, hal tersebut bisa menimbulkan korsleting listrik.

Taruh steker pada tempat yang semestinya. Hindari penempatan steker yang dapat memicu terjadinya bahaya korsleting seperti di area kamar mandi, wastafel, dll

Lakukan pemeriksaan secara rutin terhadap kondisi isolasi pembungkus kabel, bila ada isolasi yang terkupas atau telah menipis agar segera dilakukan penggantian. [Evi Kusnandar]