Pedomanbengkulu.com, Bengkulu Selatan – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bengkulu Selatan (BS), telah menerima Laporan Awal Dana Kampanye Pemilu 2019. Dari pencermatan yang dilakukan oleh KPU, Partai Bulan Bintang (PBB) melaporkan dana kampanye terbesar dibanding denga Partai Politik yang lain dengan nominal Rp 47,1 juta. Sementara PDI Perjuangan, Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) melaporakan saldo awal dana kampanye terendah senilai Rp 100 ribu.

Lebih rinci, laporan awal dana kampanye Partai Golkar melaporkan saldo awal Rp 14 juta, Partai Berkarya Rp 2,5 juta, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Rp 1,5 juta, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Rp 1.038.000, Nasdem Rp 1 juta, Perindo Rp 1 juta, Hanura Rp 1 juta, Demokrat Rp 1 juta, Gerindra Rp 500 ribu dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Rp 200 ribu.

Tingginya saldo awal kampanya Partai Bulan Bintang dan Partai Golkar dibanding dengan Parpol lain, lantaran sudah ada sumbangan dari Caleg.

“Kemarin (23/9/2018) pukul 18.00 WIB terakhir kami menerima LADK dari Parpol. 15 Parpol telah menyampaikan. Masih ada LADK Parpol yang mesti diperbaiki. Masa perbaikan terakhir kami terima tanggal 27 September,” jelas Divisi Hukum KPU Bengkulu Selatan, Hendry.

Lebih lanjut dijelaskan Hendry, Parpol dan Peserta Pemilu Perseorangan (Calon DPD) diperkenankan untuk menerima sumbangan dari perseorangan (pribadi), Caleg ataupun Kelompok (Badan Usaha).

Untuk sumbangan ke Partai Politik dari Caleg nominalnya tidak terbatas. Sedangkan sumbangan dari perseorangan maksimal Rp 2,5 Miliar dan sumbangan dari Kelompok/Badan Usaha maksimal Rp 25 Miliar.

Berbeda dengan Parpol, Peserta Pemilu Perseorangan (Calon DPD) hanya bisa menerima sumbangan dari perseorangan (pribadi) maksimal Rp 750 juta dan sumbangan dari Kelompok (Badan Usaha) maksimal Rp 1,5 Miliar. [Apdian Utama]