PedomanBengkulu.com, Rejang Lebong – Tingginya angka keberadaan Pemilih Pemula di Kabupaten Rejang Lebong belakangan membuat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Rejang Lebong gencar melakukan sosialisasi ke Sekolah – sekolah serta kampus perguruan tinggi yang ada di Kabupaten Rejang Lebong.

Kegiatan sosialisasi yang dinamai ‘Sapa Sekolah’ ini ditargetkan akan dilakukan diseluruh SMA/SMK dan Perguruan tinggi selama 7 bulan ke depan.

“Angka persentase jumlah Pemilih Pemula di Kabupaten Rejang Lebong ini cukup tinggi yaitu diatas 10 persen dari total pemilih yang ada,” ujar Koordinator Divisi Tehnis, Sosialisasi dan Partisipasi Masyarakat, KPU Rejang Lebong, Faham Syah, M.Pd.I, Jumat (28/9) usai menggelar sosialisasi di SMA 3 Rejang Lebong.

Dilanjutkan Faham Syah, kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan partisipasi pemilih pemula serta meningkatkan partisipasi Masyarakat secara keseluruhan dalam Pemilu serentak 2019 mendatang dari tingkat partisipasi Pemilu sebelumnya yang hanya mencapai 60 persen.

“Melalui kegiatan ini, kami berharap Pemilih pemula tidak hanya sekedar tahu tentang Pemilu serentak 2019, melainkan mereka juga harus memahami tentang hal ini. Dengan begitu, mereka bisa merubah pola pikir mereka yang selama ini terkesan cuek terhadap agenda pesta demokrasi ini  dan tumbuh kesadaran diri untuk ikut serta berpartisipasi dalam Pemilu 2019 mendatang,” ujar Faham Syah.

Dilain sisi, Faham Syah juga mengatakan, penyampaian pemahaman tentang Pemilu dalam sosialisasi di Sekolah maupaun Perguruan tinggi ini dilakukan dengan cara menjadi pembina upacara hingga membagi bagikan brosur atau spanduk untuk mensosialisasikan Pemilu serentak 2019.

“Kita optimis dalam jangka waktu 7 bulan ini bisa maksimal melakukan sosialisasi ini di seluruh sekolah dan kampus yang ada,” ujar Faham Syah.

Untuk diketahui, KPU Rejang Lebong setidaknya telah melakukan sosialisasi di 3 sekolah yaitu SMA 1 Rejang Lebong, SMA 2 Rejang Lebong dan SMA 3 Rejang Lebong.

“Senin pekan depan kita akan melakukan sosialisasi di Poltekes Kemenkes dan SMA 4 Rejang Lebong. Mudah – mudahan, dengan kegiatan ini, harapan kami agar tingkat partisipasi pemilih dari seluruh kalangan Masyarakat Rejang Lebong pada Pemilu 2019 mendatang akan meningkat drastis sesuai target yang akan kita tetapkan yaitu diatas 78 persen,” tutup Faham Syah. [Ifan]