Semua orang tahu kalau merokok sangat merugikan kesehatan, bahkan para perokok pun tahu itu. Tapi mereka tetap saja merokok. Salah satu alasannya karena para perokok tidak tahu bagaimana cara berhenti merokok atau tidak tahan kalau tidak merokok.

Racun tembakau di dalam rokok menyebabkan ketagihan yang sulit dilawan oleh para perokok. Akibatnya hidup mereka seakan tergantung pada rokok. Sehingga ada yang bilang lebih baik tidak makan daripada tidak merokok.

Berikut 5 cara mudah yang bisa dicoba untuk menghentikan kebiasaan merokok:

1. Awali dengan niat
Kuatkan niat untuk benar-benar berhenti merokok. Dengan niat yang kuat kamu bisa melakukan apa saja. Bisa niat dengan alasan agama atau untuk alasan kesehatan.

2. Kenali kelemahan
Menurut pengakuan perokok, ada beberapa faktor yang menyebabkan berhenti merokok itu sangat sulit, antara lain selalu bertemu dengan sesama perokok, mulut terasa asam bila tidak merokok, dan merasa tidak ada kegiatan bila tidak merokok.
Untuk itu kamu harus melakukan tindakan yang berani misalnya mencari teman baru yang tidak merokok dan mencari alternatif pengganti rokok.

3. Pengganti rokok
Kebiasaan merokok telah membuat bibir dan mulut terbiasa beraktivitas. Bila dihentikan secara mendadak, seorang perokok akan merasa aneh dengan dirinya sendiri. Untuk itu carilah pengganti rokok agar mulut selalu sibuk seperti mengunyah permen karet. Permen karet bisa dikunyah dalam waktu yang lama sehingga cocok digunakan sebagai pengganti rokok. Selain itu, cemilan juga bisa menjadi alternatif lainnya, namun hati-hati memilih cemilan karena bila terlalu banyak bisa menyebabkan obesitas.

4. Hati-hati dengan jarimu
Selain mulut, jari seorang perokok juga terbiasa sibuk menjepit rokok. Jika tidak merokok jari pun terasa aneh. Oleh karena itu cari kegiatan agar jari kamu tetap sibuk seperti menyibukkan diri dengan menulis, mengetik atau sekedar memegang pensil. Jangan biarkan jari kamu kosong karena itu akan mengingatkan kembali kepada kebiasaan menjepit rokok. Kamu juga bisa menyibukkan jarimu dengan gadget. Lebih baik jarimu digunakan untuk chat atau menulis daripada menjepit rokok.

5. Detoks
Untuk mengurangi keinginan merokok maka racun penyebab ketagihan merokok yang sudah ada dalam tubuh harus dikurangi. Caranya mudah yaitu dengan memperbanyak konsumsi sayuran dari keluarga cruciferae seperti brokoli dan kembang kol.

Selamat mencoba

Kiki Wilujeng, Komunitas Menulis Bengkulu