Mahasiswa Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Bengkulu (UMB), Getar Saputra, mengukir prestasi pada Kejuaran Paku Bumi Open Cup V tingkat Asia-Eropa, Kategori Tanding Kelas G mahasiswa/dewasa berat 75-80 Kg yang diselenggarakan oleh Perguruan Pencak Silat Pakubumi Bogor, pada Jum’at (31/8/2018) hingga Minggu (02/9/2018), di Padepokan Voli Sentul Selatan Bogor.

Kejuaraan Pencak Silat Terbuka antar pelajar SD, SMP, SMA, dan mahasiswa ini diikuti oleh 1.900 peserta.

Saat dikonfirmasi pedomanbengkulu.com, Minggu (02/9/2018), Getar Saputra mengungkapkan bahwa dirinya berhasil menjadi pemenang setelah menaklukkan perwakilan dari Universitas Islam Negeri
(UIN) Jakarta dilaga final dengan skor 3-0.

Mahasiswa KPI FAI UMB ini juga mengungkapkan persiapannya dalam menghadapi Kejuaran Paku Bumi Open Cup V tingkat Asia-Eropa tahun 2018.

“Porsi latihannya ditingkatkan, dari yang awalnya latihan teknik maka ditambah latihan fisik yang diperbanyak, dan selanjutnya latihannya dikombinasi antara fisik dan teknik. Tingkat persaingan di kejuaraan cukup merata karena universitas-universitas lain juga sama punya misi untuk juara dan yang pasti mereka juga sudah latihan yang sama seperti saya atau bahkan lebih berat,” ungkap Getar yang berterimakasih kepada pihak kampus atas dukungannya dalam mengikuti kejuaraan ini.

Lebih lanjut Getar menyampaikan bahwa dirinya merupakan satu-satunya peserta yang mewakili UMB pada kejuaraan ini, dan didampingi langsung oleh Wakil Rektor III UMB, Drs. Syubli, M.Ag.

“Dengan juara saat ini semoga dapat menginspirasi pesilat-pesilat Bengkulu Terutama perguruan Tapak Suci (TSpm) . harapan saya kedepan. Semoga nanti saya bisa tembus ke ajang nasional PON internasional Asian Games atau Sea Games. Saya selaku atlet mengajak masyarakat Bengkulu terutama anak muda ayo gemari olahraga jadikan olahraga sebagai ladang prestasi untuk kita,” ungkap Getar.

Data terhimpun, atas prestasinya ini Getar dihadiahi medali emas, piala bergilir dan piagam penghargaan. [Nurhas Bunaida]