PedomanBengkulu.com, Rejang Lebong – Tahun anggaran 2018 atau tahun ke empat pelaksanaan Program Penyediaan Air Bersih dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) di Kabupaten Rejang Lebong diprediksi akan sukses mencapai target dengan maksimal. Pasalnya, progres pembangunan fisik program yang sedang berlangsung di 14 Desa dengan target pemanfaat sebanyak 17.399 jiwa ini telah mencapai 59,07 persen.

Tentunya, dengan kondisi fisik bangunan terkoreksi sangat baik lantaran pelaksanaannya diawasi secara ketat oleh District Coordinator Program PAMSIMAS III Kabupaten Rejang Lebong dan Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPUPRPKP) Kabupaten Rejang Lebong.

“Jika melihat progres fisik yang sudah tercapai saat ini, Kami sangat optimis pekerjaan selesai sesuai jadwal yang telah ditentukan,” tegas Kepala Dinas DPUPRPKP Rejang Lebong, Yusran Fauzi melalui Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) program Pamsimas, Luhur Budi Santoso ST, Jumat (14/9).

Dikatakan pria yang kerap disapa dengan sapaan akrab Luhur ini, tahun anggaran 2018 ini merupakan tahun ke empat pelaksanaan program Pamsimas di Kabupaten Rejang Lebong.

“Sebenarnya, program ini telah dilaksanakan sejak tahun 2014 lalu. Namun karena ada masa transisi dari Program Pamsimas II ke Pamsimas III, maka pada tahun 2016 lalu program ini sempat tidak dilaksanakan dan baru dilanjutkan kembali pada tahun 2017 lalu hingga saat ini,” tegas Luhur.

Dijelaskan Luhur, program Pamsimas itu sendiri secara umum bertujuan untuk bagaimana Masyarakat mendapat akses air minum yang sehat dan aman di konsumsi sesuai dengan program pemerintah pusat.

“Mudah – mudahan tahun depan program ini bisa terus berlangsung. Sebab, melalui program ini, Masyarakat bisa belajar dan ikut serta secara langsung untuk mendapatkan akses air minum yang sehat dan aman di konsumsi di lingkungan desa tempat tinggal mereka. Program ini sepenuhnya melibatkan Masyarakat di desa penerima. Mulai dari perencanaan hingga ke pelestarian sarana dan prasarana yang dibangun dilakukan oleh Masyarakat setempat. Jadi benar benar memberikan berbagai asas manfaat yang positif bagi Masyarakat kita,” ujar Luhur.

Sementara itu, Koordinator Kabupaten/District Coordinator Program PAMSIMAS III Kabupaten Rejang Lebong, Thomas Alfa Edison menjelaskan jika dalam pelaksanaan program Pamsimas Masyarakat membangun jaringan pokok mulai dari sumber air sampai ke sambungan halaman berupa pembuatan penangkap mata air, pipa diatribusi hingga pemasangan kran umum.

“Selain itu, di beberapa tempat kita juga membangun jamban di sekolah sekolah yang terkatagori jumlah jambannya tidak sebanding dengan jumlah siswa yang ada. Kalau berbicara soal idealnya, ya 1 jamban untuk digunakan oleh 40 siswa saja,” tegas Thomas.

Ditambahkan Thomas, pelaksanaan program Pamsimas ini dibiayai oleh berbagai sumber dana. Rinciannya, 10 Desa dibiayai oleh APBN 2018 ditambah dengan Kontribusi Masyarakat dan 4 Desa dibiayai oleh APBD Kabupaten Rejang Lebong ditambah dengan Konstribusi Masyarakat Desa setempat.

“Kontribusi masyarakat minimal sebesar 20% dari total beaya RKM, dalam bentuk tunai (in cash) minimal 4% dan natura (in kind) minimal 16% yang merupakan dana pendukung bagi pembiayaan kegiatan yang dibutuhkan oleh Masyarakat, direncanakan oleh Masyarakat dan dituangkan di dalam RKM,” ujar Thomas.

Sedangkan, lanjut Thomas, Pamsimas dilaksanakan sengan cara swakelola Masyarakat. Mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengendalian hingga pelestarian dilaksanakan oleh Masyarakat. Untuk tahapan perencanaan dan pelaksanaan itu dilakukan oleh Kelompok Kerja Masyarakat (KKM) yang dipilih melalui mekanisme Musyawarah desa. Selanjutmya, KKM ini di SK kan oleh Kepala Desa.

“Pada tahapan pelestarian juga akan dibentuk lembaga pengelola tingkat masyarakat namanya Kapispams (Kelompok Pengelola Sarana Penyediaan Air Minum dan Sanitasi). Sedangkan untuk pembelian dan pengadaan material bangunan dilakukan oleh panitia pengadaan barang dan jasa yang juga dibentuk berdasarkan musyawarah Masyarakat Desa dan di SK kan oleh Kepala desa,” ulas Thomas. [Ifan Salianto]

Berikut Daftar Desa Penerima serta Rincian anggaran pembiayaan Pamsimas :