Kekayaan alam Sumatera seolah tak terhitung. Masih ada banyak air terjun hebat lainnya yang wajib Anda datangi. Nah, pada kesempatan ini saya akan memperkenalkan salah satu wisata air terjun yang belum banyak diketahui oleh banyak orang.Terlebih yang berada di luar Palembang. Ini dia, dengan bangga saya perkenalkan. Air Terjun Bedegung yang berada di Muaraenim, Sumatera Selatan.

Ketinggian Air terjun Bedegung mencapai 99 meter. Dengan demikian, air terjun ini merupakan salah satu air terjun tertinggi di Indonesia. Sepanjang rute menuju Air Terjun Bedegung, Anda akan disambut hijaunya hamparan pepadian yang membentang luas sepanjang jalan dan suasana alamnya yang sangat kental.

Air Terjun Bedegung bisa dikatakan sebagai salah satu air terjun yang dekat dari kota Palembang. Walaupun dekat ternyata kita harus menghabiskan perjalanan selama kurang lebih 5 jam melalui rute Palembang – Indralaya – Prabumulih – Muara Enim – Desa Bedegung.

Sudah bisa dibayangkan pegalnya pantat dan badan seperti dikocok-kocok karena jalan yang begitu curam dan terjal belum lagi melewati jalan yang bukan hanya jurang saja melainkan harus berbagi ruas jalan dengan truk batu bara yang menguasai jalanan. Kalau ingin berkunjung ke sana jangan lupa membawa makanan karena lokasinya sangat jauh yang mudah mabuk dalam perjalaanan jangan lupa juga minum obat karena perjalanannya sangat melelahkan.

Biasanya orang yang ramai berkunjung ke sana saat hari raya ataupun hari perayaan lainnya bisa juga untuk piknik bersama keluarga teman keluarga sahabat ataupun teman hidup.

Di sana banyak orang yang berbondong-bondong untuk pergi melihatnya saking ramainya jalananpun sangat macet karena padatnya kendaraan yang mengantri. Biaya masuk kesana tidak terlalu mahal biasanya untuk penduduk asli di sana sekitar Rp 5000 ataupun gratis tapi kalau pendatang baru yang bukan asli penduduk sana lumayan sedikit mahal bahkan bisa di hitung perkepala.

Tapi sebelum kita melihat langsung air terjun tersebut, kita harus berjalan kaki untuk menuju kesana ya lumayan agak jauh sih dan di sana kita harus melewati anak tangga yang cukup banyak belum lagi jalannya yang naik turun di tamabah jalan yang berliku-liku. Kebayangkan berapa banyak tenaga yang terkuras. Tapi tenang, tidak terlalu melelahkan kok karena di sana kita berjalan kaki ramai-ramai jadi tidak begitu terasa capeknya. Disamping itu juga kita disuguhi pemandangan yang begitu segar udaranya seperti pepohonan nan hijau yang menjulang tinggi, aliran air terjun yang mengalir sepanjang jalan dan di sana juga terdapat banyak kolam ikan.

Nah buat yang hobby mancing bisa juga tuh langsung mencobanya. Selain udaranya yang segar lokasinya juga di sana sangat terbilang luas hampir di setiap jalan yang kita lewati terdapat pondok-pondok ataupun tempat yang sengaja di buat untuk bersantai sambil menikmati makanan bersama keluarga dan menikmati hembusan angin yang sepoy-sepoy.

Sebelum sampai di sana kita harus melewati tangga di atas aliran sungai dan menaklukkan sebuah jembatan besi yang sudah berlubang beberapa bagian pijakannya. Kewaspadaan harus terus dijaga agar Anda terhindar dari kemungkinan-kemungkinan terjadinya kecelakaan.

Tapi jangan takut teman karena sekarang semuanya sudah aman karena sekarang zamanya sudah berubah, di sana sudah banyak hal-hal yang berubah. Btw, sudah lama juga sih nggak main ke sana sekitarkurang lebih 5 tahun sih. Oh ya kita juga bisa menelusuri aliran air yang deras itu dengan nama lain arum jeram. Di sana kita akan merasakan keseruan yang luar biasa, kita akan di hantam oleh derasnya arus yang menerjang. Jangan khawatir karena di sana kita akan di dampingi olehpemandu yang sudah ahlinya dan tak lupa memakai berbagai macam perlengkapan yang aman agar tidak terjadi hal-hal yang berbahaya.

Meskipun demikian, jembatan itu masih cukup kokoh untuk dilalui. Semakin mendekati air terjun, maka semakin besar rasa penasaran anda. Di sana kalian juga bisa bersantai di pondok-pondok dekat air terjun dengan cuma-cuma yang sengaja di buat untuk para pengunjung tanpa harus mengeluarkan biaya sedikitpun.

Di sana kalian bisa menikmati pemandangan yang indah sambil mengabadikan di setiap moment sembari menikmati mie dan kopi panas ataupun menu makanan lainnya. Dan jangan lupa buanglah sampah pada tempatnya. Kalian juga bisa mandi sepuasanya dengan aliran arus yang begitu deras yang di kelilingi bebatuan yang sangat besar. Kebayangkan gimana serunya. Terkadang pertemuan bukanlah suatu hal yang di sengaja, ayok teman berkunjung ke sana siapa tau kita berjodoh.

Rayang Fatonah, Komunitas Menulis Bengkulu