Pedomanbengkulu.com, Rejang Lebong – Sat Binmas Polres Rejang Lebong kembali membuat gebrakan. Kali ini, petugas mendatangi Lapas Kelas II A Curup.

Setidaknya, ratusan Narapidana (Napi) yang sedang menjalani hukuman di Lapas kelas II A Curup dengan tertib melaksanakan sholat berjemaah di Masjid At Taubah Lapas Kelas IIA dan mendengarkan pengarahan petugas Sat Binmas Polres Rejang Lebong tentang pentingnya hidup bermasyarakat.

“Kegiatan berjalan sangat baik. Para Napi juga tampak sangat antusias mengikuti rangkaian kegiatan,” ujar Kapolres Rejang Lebong, AKBP. Ordiva, SIK melalui Kasat Binmas, AKP M. Nurda’i S.Pd, Sabtu (22/9).

Dijelaskan Kasat, selain menyampaikan pemahaman kepada Napi tentang pentingnya hidup bermasyarakat, petugas juga menyampaikan pemahaman tentang pentingnya Warga negara Indonesia untuk terus menjunjung tinggi idiologi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yaitu Pancasila.

“Pemahaman tentang pancasila ini penting dimiliki oleh setiap Warga negara Indonesia tak terkecuali Napi. Sebab, jika Idiologi kita sudah tertanam baik dalam diri kita, maka Insya Allah niat – niat untuk melakukan perbuatan perbuatan yang melanggar hukum juga akan hilang dengan sendirinya,” ujar Kasat.

Selain itu, sambung Kasat, dengan dilaksanakan kegiatan ini, dirinya berharap agar para Napi saat setelah bebas dan kembali ke lingkungan Masyarakat nantinya telah memiliki bekal dan pengetahuan serta memiliki kesadaran hukum yang tinggi.

“Melalui kegiatan ini, kami kembali membangun mental dan jiwa serta pemikiran mereka untuk dapat jauh dari hal hal yang melanggar hukum hingga nantinya mereka juga dapat menularkan pemahaman ini kepada Warga yang lain. Sehingga terbentuk suatu kelompok Masyarakat yang sadar dan benar benar taat akan tatanan hidup dan aturan hukum yang berlaku,” tutup Kasat. [Ifan Salianto]