Mantan Presiden SBY saat menyambut kedatangan Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno di kediamannya Kuningan. Foto Twitter Redi Susilo.

PedomanBengkulu.com, Jakarta – Kepala Divisi Advokasi dan Hukum DPP Partai Demokrat, Ferdinan Hutahaen mengatakan, Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY akan menjadi penasehat atau mentor bakal calon Presiden Prabowo Subianto.

Ferdinan mengatakan, hal itu merupakan permintaan langsung dari Ketua Umum Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Prabowo Subianto kepada SBY.

“Itu permintaan Pak Prabowo. Bahwa beliau ingin Pak SBY sebagai mentornya beliau,” kata Ferdinan dilansir dari Viva saat tiba di kediaman SBY, Jalan Mega Kuningan Timur VII, Jakarta Selatan, Rabu 12 September 2018.

Ferdinan menambahkan, atas permintaan itu, maka dimasukkanlah SBY sebagai penasehat bakal calon Presiden Prabowo Subianto.

“Pertimbangannya karena Pak SBY berhasil mengikuti dua kali pemilu dan dua memenangi pemilu,” ujarnya.

Sebelumnya, bakal calon presiden Prabowo Subianto mengatakan, Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono akan didapuk sebagai penasihat dalam tim pemenangan Prabowo-Sandi.

“Saya kira, beliau senior. Saya kira, sebagai sesepuh dan penasihat senior,” ujar dia di RSPAD, Senin, Jakarta Pusat, Senin 13 Agustus 2018 lalu.

Sementara itu, Bakal calon Presiden dan bakal calon Wakil Presiden, Prabowo Subianto dan Sandiaga Salahuddin Uno menyambangi Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY di Jalan Mega Kuningan Timur VII, Jakarta Selatan, Rabu malam 12 September 2018.

Bakal capres dan bakal cawapres yang diusung Partai Gerindra, Demokrat, PAN dan PKS ini tiba sekira pukul 19.40 dikediaman SBY.

Prabowo dan Sandi tampak datang satu mobil dengan menggunakan Mobil Lexus berwarna putih.

Kedatangan Prabowo dan Sandi langsung disambut oleh SBY dengan didampingi putranya Agus Harimurti Yudhoyono.

Sebelum masuk ke dalam rumah, mereka sempat menyapa para awak media yang telah lebih awal menunggu sejak sore.

“Terima kasih, terima kasih,” ujar SBY. Ini kesekian kali Prabowo dan SBY bertemu terkait konsolidasi politik antara Partai Gerindra dan Demokrat dalam beberapa bulan terakhir.

Sejumlah topik penting menjadi pembahasan dalam pertemuan Ketua Umum Partai Gerindra dengan Ketua Umum Partai Demokrat tersebut.

“Kami tadi membahas langkah-langkah bersama ke depan, sinergi kita. Kemudian membahas penyusunan tim sukses calon presiden. Kemudian narasi ke depannya akan datang, saya kira intinya itu,” kata Prabowo usai pertemuan.

Prabowo menambahkan, pada pertemuan itu SBY juga menjelaskan langkah-langkah yang harus dilakukan untuk memenangkan Pilpres dan Pileg 2019.

“Bahwa fokus kita, kampanye kita merencanakan untuk kepentingan rakyat,” ujarnya.

Selain itu, Prabowo mengatakan, salah satu topik penting yang juga dibahas yakni terkait persoalan ekonomi, penciptaan lapangan kerja dan harga kebutuhan pokok yang melambung tinggi.

“Ini yang dirasakan oleh rakyat hasil kita keliling-keliling. Saudara Sandiaga keliling, saudara Agus Harimurti keliling, yang kami catat dari rakyat di bawah seperti itu, harga telur sudah sangat tinggi, harga tempe juga naik. Ini masalah pokok dari masyarakat kecil kita,” ujarnya. [Ivana]