Universitas Muhammadiyah Bengkulu (UMB) bakal menjadi tuan rumah Kuliah Kerja Nyata Muhammadiyah untuk Negeri (KKNMu) ke VI dari Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) seluruh Indonesia, setelah hari ini, Rabu (5/9/2018), Rektor UMB, Dr. H. Ahmad Dasan SH MA menerima langsung mandat yang diberikan oleh panitia pusat.

Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UMB Dr. Sunaryadi M.Si, saat dimintai keterangan oleh pedomanbengkulu.com melalui WhatsApp, Rabu (5/9/2018), mengungkapkan bahwa, KKNMu akan diikuti utusan mahasiswa Muhammadiyah seluruh Indonesia.

“Suatu kehormatan dan tanggung jawab yang besar bisa menjadi tuan rumah KKN Mu, karena tidak mudah untuk menghadirkan dan meyakinkan 174 PTM seluruh Indonesia, tujuan dari KKN Mu adalah membangun Indonesia dengan semangat Al- Maun diwujudkan dalam Catur Darma Perguruan Tinggi Muhammadiyah demi kemakmuran masyarakat secara paripurna,” katanya.

Dia mengatakan, rencananya para mahasiswa KKN Mu nantinya akan ditempatkan di 3 Kabupaten Kota, yakni Kota Bengkulu, Kabupaten Bengkulu Utara dan Kabupaten Kepahiang, namun untuk keputusan pastinya akan dilakukan survey dan seleksi terlebih dahulu oleh panitia pusat dan lokal sesuai standar dan kriteria untuk percepatan pembangunan daerah tersebut. Peserta sendiri mencapai 900 mahasiswa dari 60 Universitas.

“Program ini akan merefleksikan pengetahuan dan teori yang disinergikan dengan pengalaman di lapangan sebagai unjuk kerja yang mampu mengembangkan soft skill dan life skill, mematangkan kepribadian, dan menumbuhkan rasa percaya diri mahasiswa dalam kehidupan sosial kemasyarakatan,” ungkapnya

Menurut Dr Sunaryadi M.Si, nantinya para mahasiswa itu membantu baik pola pikir termasuk tenaga saat melaksanakan kuliah kerja lapangan terutama dalam memajukan daerah. Sehubungan dengan itu kegiatan tersebut harus dimanfaatkan sebaik-baiknya supaya masyarakat semakin maju termasuk di bidang kesejahteraan.

“Kuliah Kerja Nyata Muhammadiyah untuk Negeri (KKNMu) adalah kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka pembelajaran dan pemberdayaan melalui kegiatan pendidikan dan pengajaran, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan dakwah amar makruf nahi munkar oleh sebuah atau beberapa Perguruan Tinggi Muhammadiyah,” pungkasnya.

Sementara itu, Rektor UMB, Dr. H. Ahmad Dasan SH MA mengatakan bahwa, UMB yang terus mengalami kemajuan menjadi magnit tersendiri bagi Persyarikatan Muhammadiyah di tingkat Pusat hampir seluruh majlis tingkat pusat berebut untuk bisa menjadikan Bengkulu/UMB sebagai tuan rumah event tingkat pusat.

“Bagi kami ini menjadi kebanggaan tersendiri dapat menggaet pelaksanaan event nasional,” ungkap Ahmad Dasan.

Lebih lanjut Rektor UMB mengungkapkan, KKN Mu untuk Negeri bukan sekedar KKN seperti yang sudah ada, tapi Kuliah Kerja Nyata secara Nasional ini bermaksud:

1. Wahana belajar para mahasiswa yg akan menyeleseikan studi untuk saling mengenal dan ta’aruf antar anak bangsa berbagai daerah Kesatuan dalam perbedaan karakter (beda bahasa, beda tingkah laku, beda selera makan, beda bidang ilmunya) untuk berbaur saling mengerti saling memahami dan saling memenuhi.

2. Wahana belajar dan sekaligus wahana tukar budaya antar daerah untuk Bangsa yang besar Indonesia.

3. Mengenalkan Dakwah Islam melalui Perguruan Tinggi Muhammadiyah , dakwah yang membumi , dakwah yang bijaksana dan dakwah untuk kemajuan daerah baik ekonomi maupun non ekonomi.

4. Mengangkat potensi daerah untuk dikolaborasi dengan potensi daerah lain , supaya dapat dipasarkan ke daerah lain yg lebih membutuhkan .sehingga memunculkan pasar bersama demi kesejahteraan masyarakat desa. [Nurhas Bunaida]