Pedomanbengkulu.com, Kaur – Pemerintah Kabupaten Kaur melalui Dinas Pertanian  Kaur mendistribusikan Alat Mesin Pertanian (Alsintan) kepada kelompok tani  sebanyak 252 unit Alsintan di Halaman Kantor Dinas Pertanian Kaur, Selasa (2/10/2018).

Alat pertanian tersebut terdiri dari 13 jenis dan diberikan kepada 222 Kelompok penerima bantuan yang tersebar di 15 Kecamatan di Kaur.

Secara simbolik Alsintan diserahkan langsung oleh Bupati Kaur Gusril Pausi, Sos. dan didampingi oleh Sekda Kaur, Nandar Munadi, Kabid Sapras Distan Provinsi Bengkulu, Kepala Dinas Pertanian Kaur Nasrul Rahman serta dihadiri oleh Kelompok Tani penerima bantuan alsintan.

Dalam sambutanya Bupati Kaur, Gusril Pausi, menyampaikan agar kelompok tani penerima dapat memanfaatkan Alsintan dengan baik dan secara rutin dirawat supaya tidak cepat rusak.

“Mudah-mudahan ini dapat meningkatkan produktivitas pertanian kelompok dan masyarakat lebih sejahtera,” kata Gusril.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Kaur, Nasrul Rahman menyampaikan sesuai target dan program nasional Indonesia akan menjadi lumbung pangan dunia pada 2045.

Karena itu, Nasrul berharap, Alsintan yang sudah diterima kelompok tani harus di mmanfaatkan secara optimal. Apabila pemanfaatan alsintan oleh kelompok penerima tidak optimal maka Dinas Pertanian Kaur akan menyurati dan memberikan peringatan pada kelompok tani yang bersangkutan.

“Alsintan yang kita distribusikan ke kelompok tani ini dalam keadaan baik, baru dan lengkap serta telah kita lakukan uji coba mesin dalam keadaan hidup. Kedepan kita akan lakukan monitoring dan evaluasi secara reguler oleh petugas kita sejauh mana pemanfaatan dan kegunaan yang dilakukan oleh kelompok penerima,” katanya.

Kelompok tani penerima bantuan juga diharuskan membuat laporan kegiatan lapangan termasuk hambatan dan kendala yang dihadapi agar program ini berjalan dengan baik.

“Serta dapat meningkatkan produksi hasil pertanian yang sasaranya untuk kesejahtraan masyarakat Kabupaten Kaur, ” serunya. [Feri]