Kepala BPBD Rejang Lebong, Basuki S.Sos

PedomanBengkulu.com, Rejang Lebong – Penghujung tahun anggaran 2018, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Rejang Lebong diketahui bakal fokus melaksanakan kegiatan pembangunan infrastruktur di lima titik lokasi.

Kegiatan pembangunan yang bersumber dana dari APBD Perubahan tahun 2018 Kabupaten Rejang Lebong ini dilaksanakan sebagai salah satu bentuk penanggulangan pasca bencana alam yang pernah terjadi di Kabupaten Rejang Lebong belakangan ini.

Kepala BPBD Rejang Lebong, Basuki S.Sos, Selasa (9/10) mengatakan, kelima lokasi tersebut terkatagori sebagai kebutuhan mendesak yang harus segera di tanggulangi.

“Kelimanya merupakan pengajuan dari Warga setempat atas musibah bencana alam yang terjadi. Setelah di usulkan Warga, kita melakukan survei ke lokasi secara langsung untuk melihat dan menghitung seberapa besar anggaran yang dibutuhkan untuk melakukan penanggulangan bencana di lokasi lokasi tersebut,” ujar Basuki.

Dilanjutkan Basuki, pihaknya optimis jika pekerjaan pembangunan yang menelan dana Rp. 725 juta dan dikerjakan secara kontraktual tersebut akan selesai dikerjakan tepat waktu. Sehingga, awal januari tahun mendatang, Masyarakat setempat bisa merasakan asas manfaat yang positif dari produk penanggulangan bencana alam tersebut.

“Insya Allah, selesai tepat waktu,” ujar Basuki.

Terlepas dari itu, sambung Basuki, pihaknya menghimbau agar Warga sekitar lokasi pembangunan dapat ikut serta memberikan peran serta pembangunan dengan cara ikut menjaga serta merawat bangunan yang telah selesai dibangun. Sehingga, bangunan tersebut bisa memberikan manfaat positif dengan jangka waktu yang lama bagi Masyarakat itu sendiri.

“Bangunan yang dibuat adalah bangunan untuk menanggulangi sekaligus mencegah agar bencana alam serupa tidak kembali terjadi di kemudian hari. Nah jika Masyarakat ikut menjaga dan merawat bangunan itu, maka sama saja Masyarakat menjaga kenyamanan kelangsungan hidup mereka sendiri,” ujar Basuki. [Ifan Salianto]

Berikut Daftar Lokasi Pelaksanaan Pembangunan penanggulangan bencana alam APBD Perubahan tahun 2018 :

* Jenis Kegiatan : Pembangunan Pelapis Tebing
Lokasi : Kelurahan Talang Benih Kecamatan Curup
Jenis Bencana Alam : Longsor

* Jenis Kegiatan : Perbaikan Drainase dan Pembuatan Pelapis Tebing
Lokasi : Kelurahan Sawah Baru Kecamatan Curup
Jenis Bencana Alam : Longsor

* Jenis Kegiatan : Pemasangan Bronjong
Lokasi : BTN Air Bang Kecamatan Curup Tengah
Jenis Bencana Alam : Longsor

* Jenis Kegiatan : Perbaikan Drainase dan Pemasangan Bronjong
Lokasi : Desa Air Meles Atas Kecamatan Selupu Rejang
Jenis Bencana Alam : Longsor

* Jenis Kegiatan : Pemasangan Bronjong
Lokasi : Desa Samberejo Kecamatan Selupu Rejang
Jenis Bencana Alam : Longsor