Workshop dan Penulisan Buku di Kampus I UMB, Rabu (3/10/2018).

Dalam rangka meningkatkan motivasi dan kemampuan para dosen dalam menulis buku, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Muhammadiyah Bengkulu (UMB) menyelenggarakan Workshop dan Penulisan Buku.

Kegiatan dengan tujuan untuk meningkatkan tulisan yang dihasilkan oleh Dosen di lingkungan UMB tersebut, berlangsung pada hari Rabu (3/10/2018) di Kampus I UMB, Jalan Bali No.118 Kelurahan Kampung Bali, Kecamatan Teluk Segara, Kota Bengkulu.

Bekerjasama dengan Penerbit Andi, workshop ini diikuti oleh 80 orang peserta yang terdiri dari para dosen dan kepala prodi dilingkungan UMB.

Wakil Rektor I UMB, Ir. Ririn Harini MP, dalam sambutannya ketika membuka acara secara resmi memotivasi para peserta yang hadir agar lebih produktif dalam membuat publikasi ilmiah salah satunya buku ajar.

“Workshop ini berkaitan dengan pembelajaran dan penelitian dosen, dan nantinya dapat digunakan oleh mahasiswa, dosen, dan atau peneliti, jadi diharapkan seluruh peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik” ujarnya, Rabu (3/10/2018).

Ia melanjutkan, workshop dan penulisan buku ini dimaksudkan sebagai stimulan yang diharapkan dapat mendorong dosen-dosen untuk terus menulis. Tradisi meneliti sudah cukup menggembirakan dan perlu terus didorong untuk menulis buku yang disertai data-data penelitian.

“Diharapkan buku yang sudah dibuat akan berpengaruh terhadap peningkatan kualitas akademik. Bagi mahasiswa, buku yang dihasilkan akan menjadi sarana belajar,” kata Wakil Rektor I UMB kepada para peserta workshop.

Wakil Rektor I ini juga mengatakan bahwa kegiatan seperti ini sangat bermanfaat bagi para dosen karena dapat membantu mereka dalam menyusun buku dengan sangat baik seperti yang diharapkan UMB.

“Setelah ini, diharapkan dosen lebih bersemangat lagi dalam menulis dan mempublikasikan hasil penelitiannya sehingga ke depan buku-buku dosen UMB menjadi kebanggaan tidak hanya untuk dari lembaga tapi juga untuk bangsa Indonesia,” harapnya.

Senada dengan Joko Irawan Mumpuni, selaku Direktur Penerbitan dan Narasumber dalam kegiatan ini, mengatakan bahwa menulis itu tidak sulit.

“Dalam menulis buku yang diperlukan adalah memperdalam hal yang disukai, banyak membaca hal yang disukai, dan belajar terus menerus. Itu sudah menjadi modal awal yang baik,” kata Joko Irawan Mumpuni.

Data terhimpun oleh Jurnalis pedomanbengkulu.com, pada kegiatan workshop ini, para peserta mendapatkan Materi tentang Writing Preunership, Technical Writing serta diskusi dan tanya jawab. [Nurhas Bunaida]

Pemaparan materi.
Peserta tampak mencatat apa yang disampaikan pemateri.
Acara ini berjalan lancar.
Peserta tampak antusias.