Pedomanbengkulu.com, Bengkulu Selatan – Pantai Pasar Bawah, adalah salah satu objek wisata unggulan di Bengkulu Selatan (BS). Agar tatanan objek wisata tersebut lebih indah, kebersihannya merupakan tanggung jawab bersama, baik pemerimtah daerah maupun masyarakat. Tak terkecuali pedagang yang berjualan di seputaran Pantai Pasar Bawah.

Untuk itu, Tim gabungan Dinas Satpol PP dan Damkar BS, Dinas Pariwisata BS dan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan BS, menggelar sosialisasi kepada para pedagang dan warga di kawasan pantai Pasar Bawah, Jumat (5/10/2018).

Di antara poin dalam sosialisasi tersebut mengimbau pedagang agar tidak berjualan di area jogging track.

“Pedagang ikan asin dan minuman yang berjualan di joging track kami imbau supaya tidak meletakan peralatan jualan di sepanjang joging track. Ini untuk ketertiban, kerapian dan keindahan kita semua,” kata Kepala Dinas Satpol PP dan Damkar BS, Susmanto melalui Plt Sekretaris Adin Khairo.

Selain itu, sambungnya, tim gabungan mengingatkan kepada para pedagang untuk bersama-sama menjaga kebersihan pantai. Salah satunya tidak membuang sampah jualan mereka di sembarang tempat.

“Kan sudah ada kontainer sampah, tidak ada salahnya membuang sampah jualan ke kontainer,” ujar Adin.

Dengan begitu, tempat berjualan akan terlihat lebih rapih sehingga para pengunjung lebih nyaman berwisata di kawasan pantai Pasar Bawah.

“Boleh berjualan tapi jangan di joging track supaya lebih rapih. Dan jangan mendirikan bangunan permanen dan kami ingatkan supaya tidak memasang tabir pada pondok jualan supaya tidak menimbulkan kesan negatif di masyarakat,” pungkas Adin. [Apdian Utama]