BPJS Kesehatan Cabang Bengkulu menggelar kegiatan Sosialisasi Program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) kepada calon jemaah haji asal Provinsi Bengkulu bertempat di Masjid Al-Taqwa Kota Bengkulu.

Kegiatan ini bertujuan memberikan informasi kepada peserta tentang pentingnya jaminan kesehatan kepada calon jemaah haji terutama pada saat masa persiapan keberangkatan ke tanah suci.

Peserta kegiatan Sosialisasi tersebut hampir 200 peserta, kebanyakan peserta adalah peserta yang sudah berumur, sementara Sosialisasi Program JKN –KIS ini di paparkan langsung oleh kepala Bidang Perluasan Peserta dan Kepatuhan BPJS Kesehatan Cabang Bengkulu, Abdul Mukti.

Dalam pemaparannya Abdul menjelaskan akan pentingnya Program JKN-KIS dan menghimbau kepada peserta calon jemaah haji untuk mendaftarkan diri dan keluarganya ke Program JKN-KIS.

“Bapak ibu calon jemaah haji bagi yang belum terdaftar dalam Program JKN-KIS diharapkan segera mendaftarkan diri menjadi peserta, sehingga ketika sakit dalam masa karantina dan masa persiapan keberangkaatan ke tanah Suci bapak ibu tidak perlu khawatir karena dapat dijamin dalam Program JKN-KIS,” ujar Mukti.

Sosialisasi tentang Program JKN–KIS berlangsung selama kurang lebih satu setengah jam dan dalam suasana yang hangat, peserta meyambut antusias sosialisasi ini terbukti dengan banyaknya pertanyaan dari calon jemaah haji.

Tidak lupa juga disela-sela sosialisasi Mukti menjelaskan tentang aplikasi Mobile JKN kepada calon jamaah haji.

“Dengan bapak ibu mendownload aplikasi mobile JKN ini banyak kemudahan yang bisa bapak ibu peroleh, mulai dari info tagihan, info fasilitas kesehatan, info riwayat kesehatan, merubah fasilitas kesehatan dan masih banyak lagi,” jelas Mukti

Calon Jemaah Haji asal Bengkulu sendiri tahun ini diperkirakan sekitar 300 peserta, sebagian dari calon jemaah haji telah terdaftar di Program JKN-KIS dari segmen Pensiunan PNS dan Peserta PBPU.

Dengan sosialisasi adanya aplikasi Mobile JKN menjadi pengetahuan baru bagi para calon Jemaah haji dan diharapkan dapat di sebarkan kepada keluarga dan teman-teman yang lain. [Nurhas Bunaida]