Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Muhammadiyah Bengkulu (UMB) bersama Direktorat Binmas Polda Bengkulu menggelar Sosialisasi Harkamtibmas dan UU Narkoba, Jum’at (26/10/2018) di Aula lantai 6 Gedung KH Ahmad Dahlan Kampus IV UMB.

Mengangkat tema ‘Kita Wujudkan Kehidupan Nyaman, Tertib, Damai dan Sejahtera Dalam Masyarakat, kegiatan ini diikuti oleh seluruh mahasiswa FAI UMB.

IPDA Suratno SSos, selaku PAUR SI TIBLUH Direktorat Binmas Polda Bengkulu kepada pedomanbengkulu.com mengatakan sosialisasi ini gelar untuk mengajak para mahasiswa agar tidak mendekati apalagi mencoba narkoba jenis apapun termasuk pengaruh dari paham radikalisme,” katanya, Jum’at (26/10/2018).

Ia menjelaskan, Narkoba dan paham radikal saat ini merupakan ancaman yang sangat membahayakan bagi generasi kita.

Terlebih bagi para remaja yang memang rentan untuk mencoba-coba hal yang bersifat baru.

“Maka dari itu kita lakukan sosialisasi ke mereka untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan,” ujarnya.

Dilain sisi, Dekan FAI UMB, Surohim SAg MSi, melalui keterangannya mengajak para mahasiswa agar mampu
menolak berbagai upaya penyalahgunaan maupun peredaran gelap narkoba serta paham radikalisme baik di dalam maupun di luar kampus, karena untuk membangun wawasan kehidupan berbangsa dan bernegara yang berbasis karakter, salah satunya terbebas dari masalah narkoba dan paham radikal.

“Melalui sosialisasi ini, kami berharap mahasiswa yang merupakan generasi penerus harapan bangsa, generasi emas, generasi sehat, generasi tanpa narkoba, yang didukung dengan wawasan kebangsaan, berkarakter, terbebas dari masalah narkoba dan paham radikal,” katanya.

Menurut Surohim, digelarnya sosialisasi ini untuk memberikan wawasan serta informasi tentang permasalahan narkoba dan paham radikalisme yang saat ini sudah memprihatinkan.

“Sehingga besar harapan setelah kegiatan ini para peserta yang hadir memiliki bekal untuk menolak penyalahgunaan narkoba dan radikalisme dan berperan serta dalam pemeliharaan ketertiban dan keamanan sehingga mampu mewujudkan kehidupan yang nyaman, aman, tertib dan sejahtera bagi masyarakat,” ungkapnya.

Pantauan Jurnalis pedomanbengkulu.com, Kegiatan ini diisi dengan materi dari para narasumber professional yang berwenang di bidangnya yang berasal dari Direktorat Binmas Polda Bengkulu. [Nurhas Bunaida]