PedomanBengkulu.com, Bengkulu Utara – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bengkulu Utara meminta pihak Pemerintah Daerah (Pemda) BU agar segera mempercepat pemekaran Kabupaten Pekal. Hal ini disampaikan Ketua DPRD Bengkulu Utara Aliantor Harahap SE saat membuka Rapat Paripurna Istimewa DPRD BU dalam rangka memperingati HUT Kota Argamakmur ke-42 di Lantai Dua Gedung DPRD BU Senin (8/10/2018).

“Bengkulu Utara sudah dua kali melakukan pemekaran kabupaten diantaranya saat kepemimpinan bapak Muslihan DS mekar kabupaten Mukomuko dan saat Bapak Dr Imron Rosyadi mekar Kabupaten Bengkulu Tengah. Semoga Bengkulu Utara di bawah kepemimpinan Bapak Ir.Mian mekar Kabupaten Pekal,” ujar Aliantor.

Ditambahkan Aliantor bahwa pemekaran Kabupaten Pekal sudah menjadi kebutuhan masyarakat beberapa kecamatan, diantaranya kecamatan Ketahun, Ulok Kupai, Pinang Raya, MSS, Putri Hijau dan Napal Putih karena untuk menjangkau Kota Argamakmur dibutuhkan waktu, tenaga serta akomodasi yang ekstra sehingga tidak efektif dalam menjalankan birokrasi serta kemajuan ekonomi.

Sementara itu Bupati Bengkulu Utara Ir Mian mengatakan bahwa mendukung penuh pemekaran kabupaten Pekal.

“Kita terus melakukan pembahasan dan upaya agar kabupaten Pekal segera berdiri,” ujar Mian.

Namun, lanjut Mian, penghambat mekarnya kabupaten baru adalah adanya moratorium dari pemerintah pusat tentang pemekaran kabupaten.

“Namun kita tidak perlu berkecil hati dan pesimis. InsyaAllah dengan dukungan penuh masyarakat Kabupaten Pekal akan segera berdiri,” ungkap Mian.

Hadir dalam acara tersebut Asisten I Pemprov Bengkulu Hamka Sabri, Kapolda Bengkulu Brigjend Pol Coki Manurung, mantan Bupati BU Muslihan DS, FKPD, Kepala OPD, Camat, dan Kades di lingkungan Pemkab Bengkulu Utara serta beberapa perwakilan kabupaten tetangga. [Evi Kusnandar]