Bengkulu, dengan pesona eksotis pantai-pantainya serta terkenal dengan sebutan Bumi Rafflesia rupanya juga memiliki jejak kuliner yang menggugah selera.

Kota tempat pengasingan Bung Karno ini tak hanya menarik pengunjung dengan tempat wisatanya saja, sebab kuliner Bengkulu juga membekas di benak pengunjung yang pernah menikmati sajian khas Bengkulu.

Satu diantara banyaknya kuliner Bengkulu yang nikmat adalah Gulai Rebung Asam Undak Liling.

Kuliner bersantan ini cukup unik, karena terbuat dari rebung atau tunas bambu muda. Teksturnya lunak. Untuk membuatnya, butuh waktu yang cuku lama sebab rebung perlu direndam selama beberapa hari.

Setelah itu, rebung diolah menjadi gulai yang dipadukan dengan keong sawah (liling).

Nah, liling bisa juga diganti dengan ikan laut ataupun ikan air tawar.

Rebung adalah bahan makanan nabati yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Rebung mengandung energi sebesar 27 kilokalori, protein 2,6 gram, karbohidrat 5,2 gram, lemak 0,3 gram, kalsium 13 miligram, fosfor 59 miligram, dan zat besi 1 miligram.

Selain itu di dalam Rebung juga terkandung vitamin A sebanyak 20 IU, vitamin B1 0,15 miligram dan vitamin C 4 miligram. Hasil tersebut didapat dari melakukan penelitian terhadap 100 gram Rebung, dengan jumlah yang dapat dimakan sebanyak 65%.

Menurut Amelinda Angela, STP, peneliti dari Nutrifood Research Centre, dalam satu cangkir irisan rebung hanya mengandung 14 kalori dan sepertiga lemak. Dalam porsi yang sama justru mengandung 1,2 gram serat. Setara dengan setengah porsi nasi merah.

Serat dibutuhkan oleh tubuh sebagai pelancar pencernaan dan bisa mencegah timbulnya berbagai penyakit kardiovaskular. Seperti penyumbatan pembuluh darah, hipertensi, penyakit jantung koroner, serta kolesterol berlebih.

Jika ingin mencoba membuat sendiri gulai rebung undak liling di rumah, dapat mengikuti resep berikut ini:

Bahan-bahan selengkapnya dapat disiapkan sebagai berikut:

– Rebung, potong memanjang
– Liling atau keong sawah dan bisa diganti dengan ikan
– Santan dari 1 buah kelapa
– 1 cm jahe, memarkan
– 1 batang serai, memarkan
– 1 batang daun bawang, potong

Bahan bumbu yang dihaluskan:

– 2 siung bawang putih
– 3 siung bawang merah
– 8 buah cabai keriting
– 2 cm kunyit
– 1 sdm garam
– 3 cm lengkuas

Cara Memasak:

1. Masukkan bumbu yang dihaluskan dan serai serta jahe ke dalam wajan
2. Masukkan juga santan sambil diaduk hingga mulai mendidih
3. Masukkan rebung asam
4. Tambahkan Liling atau ikan
5. Setelah matang tambahkan daun bawang, aduk sebentar lalu angkat dan hidangkan

Sebelum gulainya matang jangan lupa untuk memastikan rasanya sudah pas atau belum, bisa juga dibuat sesuai selera jika ingin lebih pedas dapat menambah jumlah cabainya, dan dapat juga menambahkan penyedap rasa secukupnya.

Bagi yang sedang di perantauan, di luar daerah Bengkulu, dapat mencoba resep tersebut jika sesekali rindu dengan masakan Bengkulu. [Eva De]