Masyarakat Bengkulu biasanya menyebut tumbuahan ini dengan nama Seris atau Siris. Tumbuhan ini (Muntingia calabura L) tergolong kelompok tumbuhan perdu atau pohon kecil, tingginya bisa mencapai 10 m, meskipun pada umumnya hanya sekitar 3-6 m, tumbuhan ini terus menerus berbunga dan berbuah sepanjang tahun.

Cabang mendatar, menggantung di ujungnya membentuk naungan yang rindang. Ranting-ranting berambut halus, bercampur dengan rambut kelenjar demikian pula daunnya. Daun terletak mendatar, berseling, helaian daun tidak simetris.

Menurut Hefni Dwika, Mahasiswi Biologi Universitas Bengkulu, Buah kersen memiliki kandungan yang lebih komplit jika dibandingkan dengan berbagai larutan isotonik yang dijual di pasar atau apotek. Kandungan buah kersen ini terdiri dari : Air, Protein, Lemak, Karbohidrat, Serat, Kalsium, Fosfor,  Besi, Karoten, Tianin, Ribofalin, Niacin, Vitamin A dan kandungan Vitamin C.

Selain untuk meningkatkan stamina cairan tubuh, kersen juga dapat membantu mengatasi hal berikut:

1. Anti Inflamasi
Kersen memiliki kandungan anti inflamasi yang dapat membantu mengurangi nyeri otot.

2. Mengatasi Asam Urat
Hal ini karena adanya kadar kimia berupa anthocyanin yang ampuh dalam mengurangi peradangan sehingga bisa digunakan untuk mengurangi nyeri sendi, efek dari osteoarthritis dan rheumatoid arthritis.

3. Meningkatkan Libido
Bagi pasangan suami istri buah ini sangat bermanfaat bagi kehidupan Anda, karena kandungan vitamin A dan C yang ada pada kersen yang dipercaya mampu meningkatkan libido pada pria maupun wanita.

4. Membantu Tidur Nyenyak
Kandungan melatonin yang ada dapat membantu otak untuk mengatur tidur, mengatasi jet lag, mencegah hilangnya memori serta menunda proses penuaan.

5. Menghaluskan Kulit
Antioksidan yang terdapat pada kersen merupakan tertinggi dengan 17 senyawa antioksidan. Jus kersen juga dianjurkan sebagai obat jerawat, rosacea dan juga vulgaris.

Fajri, Komunitas Menulis Bengkulu