Kue Bajik adalah makanan tradisional Bengkulu. makanan yang satu ini terbilang cukup sulit kita temui lagi dipasar dan tempat jajanan tradisional yang ada di Bengkulu.

Memang tak mudah untuk melestarikan lagi makanan yang satu ini, cara membuatnya cukup sulit menurut saya. Walaupun sulit, kue yang satu ini terbilang sangat nikmat dan lezat karena rasa manis dan lembutnya memiliki cita rasa tersendiri.

Cara membuat kue bajik itu terbilang melelahkan akan tetapi jika dikerjakan bersama-sama akan jauh lebih menyenangkan. Oleh karena itu jika suatu daerah melaksanakan syukuran atau acara pernikahan maka makanan satu ini selalu dibuat. Karena pada waktu memasaknya dilakukan oleh sekelompok ibu-ibu yang berpatisipasi dalam menyiapkan makana bagi yang akan melaksanakan suyukuran atau acara tersebut. Diperlukan kerja sama tim yang bagus untuk membuat makan yang satu ini.

Bahan- bahan yang diperlukan dalam pembuatan kue Bajik itu sendiri adalah beras ketan, santan kelapa, bawang merah, bawang putih, garam dan gula pasir secukupnya.

Memasaknya pun akan lebih merata jika memngunakan kayu bakar, karena waktu yang cepat dan lebih hemat dibandingkan menggunakan kompor gas. Biasanya penyajian kue bajik ada dua persi, yaitu dimasukan kedalam wadah dan dipotong-potong atau dimasukan ke plastik kecil-kecil agar terlihat lebih rapi dan bersih.

Mellany, Komunitas Menulis Bengkulu