PedomanBengkulu.com, Kepahiang – Keluhan Warga atas maraknya aksi pelemparan batu terhadap kendaraan roda empat yang melintas di jalan lintas Kepahiyang – Rejang Lebong terjawab sudah.

Petugas dibawah pimpinan Kapolsek Ujan Mas, Ipda Aswani berhasil mengungkap tindakan kriminalitas tersebut. Setidaknya, tiga dari empat pelaku pelemparan batu berhasil diamankan petugas, Minggu dini hari (30/9) sekitar pukul 02.00 WIB.

Ketiga pelaku yang berhasil diamankan diantaranya, DA (17), RP (15), RS (15). Sementara, MS (15) masih dalam perburuan petugas lantaran berhasil lolos saat akan diamankan.

“Berdasarkan pengakuan dari pelaku sementara ini, motif mereka melakukan aksi lempar batu ini hanyalah perbuatan iseng semata. Namun, perbuatan mereka sudah sangat meresahkan Warga pengendara yang melintas dan berujung kriminalitas yang sangat merugikan orang lain,” ujar Kapolres Kepahiang, AKBP. Pahala Simanjuntak,S.I.K melalui Kapolsek Ujan Mas, Iptu.Aswani Kuncoro, Senin (1/10).

Dikatakan Kapolsek, pihaknya sangat menyayangkan jika aksi kriminalitas tersebut dilakukan oleh para remaja yang masih berstatus sebagai pelajar.

“Ini harus menjadi perhatian dari seluruh Warga, khususnya orang tua agar tidak membiarkan anak anaknya bergaul bebas dan keluyuran keluar rumah lewat dari jam malam setiap harinya. Orang tua memiliki kewajiban untuk mendidik, membina serta mengawasi setiap perbuatan yang akan dan telah dilakukan oleh sang anak. Dengan kontrol penuh dari orang tua, saya yakin perbuatan seperti ini tidak akan terjadi,” ujar Kapolsek.

Sementara itu, tambah Kapolsek, peristiwa pengungkapan aksi lempar batu pecah kaca mobil melintas di jalan ini bermula dari peristiwa yang dilaporkan oleh salah satu anggota Polri bernama Bripda Fernando, Warga Desa Teladan Kecamatan Curup Selatan Kabupaten Rejang Lebong yang terjadi di jalan lintas kepahiang – Rejang Lebong, tepatnya di depan salah satu Sekolah Dasar (SD) Kecamatan Ujan Mas Kabupaten Kepahiang, jumat dini hari (28/9).

Saat itu, pelapor menggunakan mobil Toyota Avanza nopol BD 1548 H melaju dari arah pusat kota Kepahiang menuju Curup beriringan dengan mobil travel jenis Xenia nopol BD 1231 RR yang dikemudikan oleh Juwarsyah (21) Warga Lubuk Linggau Sumatera Selatan.

Kaca mobil yang dilempari batu

Saat melintas di Tempat Kejadian Perkara (TKP), tiba tiba kedua mobil tersebut dilempari batu dari arah tepi jalan. Tak pelak, kaca kedua mobil pecah akibat hantaman batu batu tersebut. Tak terima, kedua pengendara akhirnya berhenti dan melaporkan kejadian ini ke Mapolsek Ujan Mas.

“Setelah mendapatkan laporan, Kita langsung melakukan penyelidikan dan berhasil mendapatkan 4 nama terduga pelaku. Selanjutnya, kami langsung mengamankan tiga dari empat pelaku yang kesemuanya merupakan Warga Kecamatan Ujan Mas. Mereka saat ini sedang menjalani pemeriksaan secara intensif. Sementara, satu pelaku lainnya yang namanya sudah kita dapatkan masih dalam pengejaran petugas kita lantaran berhasil lolos saat akan diamankan,” ujar Kapolsek. [Ifan Salianto]