Anggota Komisioner KPU Provinsi Bengkulu, Emex Verzoni

Pedomanbengkulu.com, Seluma – Meskipun masuk dalam Daftar Calon Tetap (DCT) KPU Provinsi Bengkulu sebagai Caleg DPRD Provinsi Dapil Seluma. Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Seluma, Hercules Jeraim telah mengundurkan diri dari proses pencalonan.

Anggota Komisioner KPU Provinsi Bengkulu, Emex Verzoni mengatakan, pihaknya telah melakukan klarifikasi berkaitan dengan status kepala dinas Dukcapil Seluma yang merupakan ASN aktif namun masuk dalam DCT KPU.

“KPU Provinsi telah melakukan klarifikasi kepada Sekda, dasar klarifikasi kita karena beliau menyurati KPU Provinsi guna mempertanyakan status pak hercules sebagai caleg yang sudah masuk dalam DCT dari partai PKS dapi Seluma, Bengkulu 7,” kata Emek, kepada wartawan usai klarifikasi secara tertutup di ruangan kerja Sekda Seluma, Kamis (04/10/2018).

Hasil klarifikasi tambah dia, Hercules Jeraim telah mengundurkan diri dari proses pencalegkan. Dan telah menyampaikan surat pengunduran diri ke PKS.

“Beliau mengakui betul masih sebagai ASN aktif, kemudian beliau mengundurkan diri dari proses pencalegkan dan telah disampaikan ke partai politik yaitu PKS. Nanti kita tinggal panggil pihak PKS untuk mengkonfirmasi bahwa pak hercules telah mundur dari pencalegkan,” jelasnya.

Mundurnya Hercules dari proses pencalegkan meskipun telah ditetapkan sebagai DCT, menurutnya hal tersebut merupakan hak dari Caleg.

“Tidak masalah meskipun telah masuk dalam DCT, karena itu hak Caleg,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Dukcapil Seluma, Hercules Jeraim menjelaskan, alasan dirinya mundur dari proses pencalonan karena harus memilih diantaranya, mundur sebagai ASN atau maju sebagai Caleg.

“Karena melanggar aruran, saya disuruh memilih, mundur atau berhenti. Dari pada berhenti dari PNS, saya lebih baik mundur dari pencalonan,” tutupnya. [Sepriandi]