PedomanBengkulu.com, Rejang Lebong – Sebanyak 181 unit bantuan Alat Mesin Pertanian (Alsintan), Rabu (10/10) diserahkan oleh Bupati Rejang Lebong, HA. Hijazi kepada sejumlah Kelompok Tani (Poktan) yang ada di Kabupaten Rejang Lebong. Tidak hanya itu, dalam acara yang digelar di Kantor Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Rejang Lebong ini juga dilaksanakan penyerahan bantuan  ternak, bibit ikan dan bibit Holtikultura.

“Saya berharap, Poktan bisa memanfaatkan secara maksimal Alsintan yang sudah diberikan ini untuk meningkatkan produksi pertanian berujung peningkatan kesejahteraan Petani itu sendiri,” ujar Hijazi.

Ditambahkan Hijazi, dengan diserahkannya Alsintan ini, Dirinya sangat berharap tidak ada lagi Warga petani yang melakukan perambahan dikawasan hutan Rejang Lebong. Baik hutan Konbersi maupun hutan lindung. Sebab, hal tersebut jelas melanggar hukum.

“Manfaatkan Alsintan ini sebaik mungkin untuk mengoptimalkan pengolahan lahan pertanian yang sudah ada. Rawat baik baik, sehingga bisa memberikan asas manfaat secara berkesinambungan dalam jangka waktu yang lama,” pesan Bupati.

Dilain sisi, Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Rejang Lebong, Taman, SP, MSi mengatakan, pemberian bantuan Sarana dan Prasarana pertanian tersebut digulirkan melalui bantuan dana APBD Kabupaten, APBD Prov dan APBN berupa 61 unit handtracktor roda dua untuk 39 kelompok tani dan 22 barigase. 3 hand tracktor roda 4, 22 unit pompa air, 74 hand spayer, 1 eksavator mini, 5 power tracer, 5 rice transpalnter dan 10 alat penanam jagung.

“Penyaluran bantuan ini sebagai salah satu perwujudan upaya mendukung program Indonesia menjadi lumbung pangan tahun 2045 mendatang. Program ini selaras dengan program Bupati Rejang Lebong yang saat ini fokus melakukan perbaikan sarana dan prasarana produksi pertanian dan SDM pertanian,” ujar Taman.

Dilanjutkan Taman, kepada Poktan juga diserahkan bantuan bibit cabe dan saprodi untuk pengembangan 40 hektare lahan yang digarap oleh 10 kelompok tani. Bibit bawang merah dan saprodi untuk 20 hektare lahan, bantuan bibit bawang putih dan saprodi untuk 10 hektare lahan. Ditambah 63.325 kg benih padi gogo, 15.000 kg benih jagung. Ditambah 5000 batang bibit jeruk.

“Bantuan bibit ini dilakukan juga sebagai upaya khusus mendukung pengembangan tanaman pangan dan hotrikultura Rejang Lebong,” kata Taman.

Sementar itu, tambah Taman, di bidang perkebunan saat ini sedang dilakukan pengembangan kopi sambung jenis sintaro dan sehasence. Pengembangan 2.500 hektare aren yang ada di wilayah Kecamatan Sindang Kelingi, Selupu Rejang, Bermani Ulu dan Padang Ulak Tanding.

“Sedangkan untuk peningkatan budidaya ikan dan ternak, kita juga memberikan bibit ikan dan ternak kepada kelompok dengan rincian bibit ikan nila sebanyak 35 ribu ekor, ikan mas 45 ribu ekor, 50 ekor sapi perah, 56 ekor sapi bali, 336 ekor kambing, 1500 ekor ayam dan 1500 ekor itik,” jelas Taman. [Ifan]