PedomanBengkulu.com, Bengkulu — Wakil Walikota Bengkulu Dedy Wahyudi memberikan bantuan sambungan air bersih gratis kepada warga masyarakat Jalan Bhakti Husada, Kelurahan Sidomulyo Kota Bengkulu, Kamis (4/10/2018) yang merupakan masyarakat berpenghasilan rendah.

Walikota Bengkulu mengatakan, pemerintah akan melanjutkan program 10 ribu sambungan air bersih yang merupakan salah satu program melalui kebijakan dari Direktur Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM). Pemasangan sambungan secara reguler membutuhkan biaya sekitar 1 juta rupiah, namun dalam hal ini tidak seluruh masyarakat Kota Bengkulu mempunyai penghasilan yang memadai. Pemerintah harus ikut ambil bagian dalam memberikan layanan terbaik bagi masyarakat.

“Ini salah satu program guna terpenuhinya kebutuhan air bersih melalui kebijakan Direktur PDAM dengan program 10.000 sambungan ke rumah masyarakat berpenghasilan rendah. Pemerintah hadir dengan menganggarkan dana APBD guna membantu masyarakat yang kurang mampu, maka sebaik-baik manusia adalah yang memberikan manfaat bagi manusia lainnya. Melalui program ini, kita tentu berharap agar semakin banyak masyarakat yang terbantu,” kata Dedy.

Sementara itu, Direktur PDAM Kota Bengkulu Sjobirin Hasan, mengatakan pihak PDAM akan terus melakukan upaya guna memastikan penyaluran air bersih tepat dan efisien dan akan melakukan program tersebut secara bertahap dan sisa rumah yang belum terpasang nanti akan diselesaikan pada tahun yang akan datang.

“Program ini sudah bergulir sejak 2017 dengan syarat penerima manfaat adalah minimal rumahnya sederhana. PDAM tetap berusaha agar program ini sesuai dengan sasaran,”jelas Sjobirin Hasan. [Ardiyanto]