Pedomanbengkulu.com, Kaur – Bursa Program Inovasi Desa (PID) Kabupaten Kaur dilaksanakan di Gedung Serba Guna (GSG) Pemkab Kabupaten Kaur, Senin (08/10/2018).

Dalam kegiatan Bursa Inovasi Desa ini dihadiri oleh Sekda Kaur Nandar Munadi, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Provinsi Bengkulu Elfrelo, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kaur Asmawi, OPD Kaur, Camat Kabupaten Kaur, Seluruh Kades dan BPD Kabupaten Kaur.

Dalam sambutanya Sekda Kaur, Nandar Munadi atas nama Bupati Kabupaten Kaur Gusril Pausi menyampaikan Program inovasi desa ini merupakan program pemerintah pusat yang harus didukung dan dijalankan di Kaur.

Program ini agar desa mampu mengembangkan kapasitas desa yang berkelanjutan dan mampu mengembangkan potensi desa. Program unggulan desa diharapkan mampu mencapai tujuan dan sasaran yang telah dicanangkan oleh desa.

Perwakilan Dinas PMD Provinsi Bengkulu, Elfrelo menyampaikan Implementasi Permendes 48 Tahun 2018 Tentang Pedoman Umum Program Inovasi Desa 2018 ini harus dipahami dan dilaksanakan agar dapat di Implementasikan dengan baik pada desa sasaran.

Program ini akan difokuskan untuk melakukan investasi pembangunan yang tujuanya untuk kesejahteran masyarakat dan ini harus didukung oleh semua komponen baik pemerintah maupun masyarakat.

Dan gunakan anggaran dari Pusat APBN-DD maupun dari APBD-ADD untuk menggali potensi desa yang ada. “Berwirausahlah desa dengan baik dan benar,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Dinas PMD Kaur Asmawi menyampaikan bahwa Program Inovasi Desa ini harus di laksanakan dengan baik. Apa yang menjadi unggulan desa yang dapat dikembangkan harus digali dan dioptimalkan.

“PMD sebagai Lading Sector tentunya kami akan berupaya bagaimana caranya agar program ini berhasil di Kabupaten Kaur,” ujar Asmawi. [Feri]