PedomanBengkulu.com, Bengkulu Utara –Diduga karena keracunan cendol ratusan warga Desa Lubuk Gading Kecamatan Tanjung Agung Palik (TAP) Kabupaten Bengkulu Utara terpaksa dirujuk RSUD Argamakmur.

Kejadian bermula ketika digelar gotong royong menanam (nugal) padi darat Senin, (8/10/2018) di salah satu ladang milik masyarakat Desa Lubuk Gading.

Usai bergotong royong, warga menjalankan tradisi minum Es Cendol bersama, yang dibuat oleh ibu-ibu setempat. Setelah minum cendol, berselang beberapa jam sekira pukul 23.00 WIB, warga mulai merasakan sakit perut, pusing, muntah-muntah dan diare.

Akibatnya, 36 warga harus dirawat di RSUD Argamakmur, lima orang dirawat di RS Hana Caritas, selebihnya menjalani rawat jalan dan pengobatan di puskesmas setempat.

Camat Tanjung Agung Palik, Nirwan Tomeri mengatakan, jumlah warga yang menderita keracunan saat ini berjumlah 121 orang.

“Tidak menuntut kemungkinan korban akan bertambah,” ujarnya,

Belum diketahui pasti penyebab keracunan tersebut. Namun, warga menduga santan kelapa yang digunakan sebagai bahan baku cendol telah tercemar bakteri. Dugaan ini diperkuat dengan alasan parutan kelapa tersebut sempat di endapkan selama kurang lebih satu malam sebelum diperas.

“Untuk penyebab keracunan sejauh ini belum bisa kita klarifikasi secara jelas mengenai apa penyebabnya, namun dugaan sementara keracunan tersebut diduga karena santan kelapa dalam cendol tercemar bakteri, saat ini kita masih menunggu hasil uji lab,” kata Nirwan.

Sementara Honiwati salah satu warga yang menjadi korban mengaku saat meminum cendol tersebut dirinya merasakan rasa sedikit asam pada cendol yang ia minum.

“Rasa cendolnya agak asam, tapi karena ingin minum, jadi saya minum sedikit. Waktu itu saya minum jam 11 siang, nah saat jam 23.00 malam saya baru merasa pusing dan mual,” pungkasnya.

Sementara itu Bupati Bengkulu Utara H.Ir Mian saat memantau para korban keracunan di RSUD Argamakmur mengatakan bahwa sudah menginstruksikan Kadis Kesehatan bersama pihak RSUD Arga Makmur untuk menangani dan memantau kondisi kesehatan warga Desa Lubuk Gading yang mengalami keracunan sampai pulih kembali.

Dalam kunjungannya Bupati Bengkulu Utara Ir Mian berharap warga yang terkena musibah dapat segera diberikan kesembuhan dan mendapatkan penanganan medis sebaik mungkin.

“Semoga lekas sembuh dan kita semua selalu dalam lindungan Allah SWT dan selalu diberikan kesehatan,” ujar Bupati Ir Mian. [Evi Kusnandar]