Rembih atau sering juga disebut dengan pohon rembiah adalah jenis tanaman yang dapat dijumpai di dekat rawa-rawa atau persawahan. Rembih mimiliki daun yang panjang, batang yang tinggi yaitu mencapai 3 meter, serta buah yang bulat.

Rembih juga memiliki berbagai macam manfaat dan kegunaannya, mulai dari batang, daun, pelepah, getah dan buahnya yang dapat disulap menjadi sesuatu yang bermanfaat, unik, dan tentunya menarik.

Adapun manfaat dan kegunaan tanaman rembih sebagai berikut.
1. Batang rembih bisa dimanfaat untuk pembuatan bahan makanan maupun minuman, seperti kue sagu, bubur sagu ataupun es sagu. Selain itu kandungan tepung yang terdapat pada batang rembih juga dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit, diantaranya yaitu bisa menyembukan penyakit diabetes dan maag.

2. Daun rembih yang panjang-panjang ternyata memiliki kegunaan yang luar biasa ialah bisa dijalin menjadi sebuah atap rumah ataupun pondok. dan rumah dengan atap daun rembih mempunyai kesan tersendiri yaitu terasa sejuk, tidak panas seperti hal rumah dengan atap seng.

3. Pelepah rembih bisa disulap menjadi barang-barang yang menarik seperti bingkai foto, dinding rumah yang sederhana namun unik, serta berbagai macam jenis kerajinan tangan lainnya yang tentunya bisa menghasil kan uang dan laku dipasaran.

4. Getah rembih yang lengket, warnanya putih dan bauhnya harum ini ternyata dapat di dijadikan sebagai pelekat atau lem kertas, kelebihan lem dari getah rembih ini yaitu tidak memiliki bau yang busuk seperti lem pada umumnya, dan tentunya lem getah rembih ini tidak mengandung zat-zat kimia yang berbahaya untuk kesehatan jadi sangatlah aman untuk digunakan.

5. Buah rembih adalah salah satu buah yang cukup langka ditemui pada saat ini, mungkin hanya sebagian orang saja yang pernah mencicipi buah yang satu ini, buah rembih mempunyai bentuk yang bulat, kulitnya bersisik seperti buah salak, dan rasanya itu memiliki ciri khas tersendri, manis tapi agak sedikit kesat.

Jadi itulah beberapa manfaat dan kegunaan dari tanaman rembih yang bisa diterapkan untuk membuat sesuatu yang bermanfaat bagi kita sendiri maupun masyarakat yang ada disekitar kita.

Freza Lusiana, Komunitas Menulis Bengkulu