Rohidin Mersyah saat pimpin apel pagi di Lapangan Kantor Pemerintah Provinsi Bengkulu.

Pedomanbengkulu.com, Seluma – Tapal Batas (Tabat) antara Kabupaten Seluma dengan Kabupaten Bengkulu Selatan, hingga saat ini belum menemukan titik terang.

Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah mengatakan, tapal batas antara Kabupaten Seluma dengan Kabupaten Bengkulu Selatan telah diserahkan ke Pemerintah pusat.
“Kita sudah 17 kali pertemuan, dari tahun 2004 sampai 2017 akhir. Namun belum ada kata sepakat, belum bisa diputuskan,” kata Rohidin di Gedung Daerah Serasan Seijoan Kabupaten Seluma, Senin (08/10/2018).

Menurut Rohidin, Pemprov telah berlaku adil dengan menyerahkan permasalahan tapal batas ke pemerintah pusat. Sebab, diantara pemerintah kedua Kabupaten belum menemukan kata sepakat.

“Kalau ada kata sepakat, pasti sudah selesai. Disitulah letak keadilan Pemprov, karena masing-masing kabupaten mempunyai data dan sejarah,” jelasnya.

Rohidin memastikan, kepastian tapal batas antara kedua kabupaten telah diserahkan ke Kemendagri. Sehingga, tidak akan ada intervensi dari pihak Pemprov maupun pihak kedua Kabupaten.

“Terakhir kita serahkan ke pemerintah pusat. Saya katakan kemarin, silahkan diambil keputusan oleh pihak Kementerian. Sekarang kewenangannya ada di Kemendagri, mereka yang akan memutuskan,” tandasnya.

Tapal batas antara Kabupaten Seluma dengan Kabupaten Bengkulu Selatan hingga saat ini belum jelas. Sebab belum ada Permendagri tentang batas kedua Kabupaten ini. [Sepriandi]